Balik Lagi ke Steamboat Corner, Kali Ini Mau Coba yang Beda!

Biarpun tempatnya sederhana, kualitas hidangan yang mantap selalu bikin rumah makan ini worth-revisiting…

Steamboat 2-in-1 (Dua Rasa)
Sajian steamboat berkonsep unik ada di sini, yaitu Steamboat 2-in-1 (Dua Rasa)

Seperti reunian dengan teman lama, kembali berkunjung ke rumah makan ini sedikit banyak membangkitkan memori yang berkesan tentangnya (cek details tentang kunjungan MaMa sebelumnya di sini).

Aku lebih surprised lagi karena Ko Irsan ternyata masih mengenalku meski kami sudah cukup lama nggak bertemu. Beliaulah sang owner yang ramah dari Steamboat Corner, restoran Chinese Food non-pork yang menyajikan steamboat berkonsep inovatif di Kota Medan.

BBQ Steamboat menggabungkan dua cara memasak sekaligus, yaitu BBQ grill dan merebus khas steamboat, dengan menggunakan sebuah panci besi yang dirancang khusus.

BBQ Steamboat menggabungkan cara memasak steamboat dan BBQ sekaligus. Sari-sari makanan yang dipanggang akan meluncur ke bawah dan menambah rasa kuahnya.

Di sinilah kamu bisa temuin konsep steamboat dengan 2 pilihan rasa kaldu dalam 1 wadah, yaitu kaldu ayam dan kaldu Tom Yam. Selain itu, Ko Irsan merilis lagi BBQ Steamboat, sebuah terobosan yang terbilang unik di bidang penyajian Hot Pot di Medan selama ini. Kenapa?

BBQ Steamboat menggabungkan dua cara memasak bahan baku/lauk mentah, yaitu BBQ grill dan merebus khas steamboat, sekaligus dengan menggunakan sebuah panci besi yang dirancang khusus. Hasilnya adalah rasa dan pengalaman makan yang berbeda.

Interior Steamboat Corner
Ruang makan tamu terbagi menjadi 2 bagian, yaitu interior dan outdoor yang cukup untuk memuat 100 pax. Selain itu tersedia juga 2 buah VIP room di lt. 2

Soal tempat, rumah makan ini memang tidak terlalu mencolok dari segi eksterior dan interior. Letaknya pun di sudut kompleks pula, tapi dengan begitu area outdoor-nya menjadi luas. Jangan sampai memandangnya sebelah mata ya. Steamboat Corner sering dikunjungi oleh public figure, seperti pejabat dan seleb ibukota.

Banyak pengunjung yang datang ke sini pun bukan cuma demi menikmati steamboat-nya saja. Atas rekomendasi Ko Irsan, ada 4 highlight menu di Steamboat Corner yang kucoba hari itu.

Hor Fun Siram Steamboat Corner
Hor Fun Steamboat Corner ini memang enak, nggak heran sih bisa jadi salah satu menu bestseller di sini.

Menu a la carte yang nggak boleh kamu lewatkan kalau makan di sini pastinya adalah Hor Fun Siram. Kwetiau beras atau Hor Fun yang disajikan teksturnya lembut sekali dan aroma smoky (Wok Hei) yang melekat sangat terasa. Siraman kuah kaldu seafood yang kental bikin tambah sedap karena nggak begitu asin, jadinya nggak cepat eneg. Sebagai pelengkapnya, ada udang, potongan cumi, bawang putih, dan sayur Kailan.

Next, ada Kari Kambing yang menemani makan siang kami hari itu. Meski minyak cabe dan sausnya terlihat merah menggugah, rasa pedasnya tidak terlalu menyiksa kok. Daging kambingnya empuk jadi gampang potongnya. Kari Kambing dengan potongan baby potato ini cocok disantap bersama mantau (roti kukus) atau nasi putih.

Kari Kambing
Kari Kambing a la Steamboat Corner bisa disajikan dengan nasi atau roti mantau.

“Kari Kambing dengan potongan baby potato ini cocok disantap bersama mantau (roti kukus) atau nasi putih.”

Di sini kita juga bisa menikmati menu Sop Buntut premium.

Setelah itu, MaMa direkomendasikan lagi dengan menu bestselling lainnya, yaitu Sop Buntut. Daging buntut yang tebal tidak langsung dihidangkan begitu saja dalam rendaman sopnya. Daging itu dibakar dulu dengan bumbu kecap manis dan disajikan bersama nasi putih. Begitu dipotong dengan sendok saja langsung putus, begitu legit dan lembut. Sopnya sendiri terasa smoky dengan isian tomat, wortel, buncis, kentang, dan bawang bombay.

Highlight terakhir tampaknya paling pas jika dikembalikan ke hakikatnya, yaitu menu yang masih berkaitan dengan Steamboat. Apa yang biasa kamu lakukan jika masih ada sisa kuah di kuali steamboat-mu tapi lauknya sudah habis? Steamboat Corner punya cara brilian untuk manfaatin kuah sisa rebusan yang manis dan bernutrisi itu.

Bubur Steamboat
Ini dia Bubur Steamboat, sajian unik di Steamboat Corner yang memanfaatkan bahan sisa steamboat dengan sangat cerdas.

Kuah sisa itu bisa dibuatkan Bubur Steamboat. Staf akan memasukkan nasi putih ke dalam kuah sisa itu dan memasaknya di dalam panci Steamboat sampai menjadi bubur yang lezat. Nggak ada yang terbuang percuma, deh!

Steamboat Corner

Jl. S. Parman, Komplek MBC (Medan Business Center) Blok E No. 15-16
Telp. 0614578628
Jam Buka: 11.30-22.00 setiap hari
Elvy Tan

Elvy Tan

A passionate writer and a cheese-lover. More about me on Instagram @elvy_tan

Leave a Reply