Skip to content

Rumah Makan khas Batak Sitanggang

  • by
sitanggang-khas-batak-sei-batanghari

Heboh langsung kalo omongin BPK di Instagram. Setelah sekian banyak rumah makan khas Batak di Medan, akhirnya berkesempatan juga nyoba yang satu ini, rekomendasi dari salah satu anggota tim MaMa @wisely.

alamat-rumah-makan-batak-sitanggang
Rumah Makan khas Batak Sitanggang Jalan Sei Batang hari

Rencana awalnya sih sebenarnya ingin mengajak sahabat lama/blogger Surabaya @Inijie yang kebetulan mengadakan workshop fotografi. Berhubung lokasi acaranya berada di daerah Sei-sei, maka tempat ini pun dijadikan pilihan karena tempatnya lebih dekat dan BPK identik dengan salah satu menu wajib coba kalo berkunjung ke Medan.

lokasi-rumah-makan-batak-sitanggang

Area makan cukup spacious, meja dengan serbet plastik seadanya. Ga bersih-bersih amat tapi untuk ukuran rumah makan sudah tergolong wajar. Setelah memilih tempat duduk, lauk lauk pun disajikan bak hidangan khas Minang.

rumah-makan-batak-sitanggang

Menu standar yang available di meja: Nasi putih (5rb) dengan daun ubi rebus, sak sang, daging goreng, daging panggang, daun ubi tumbuk, plus kuah…dalam gelas. Here’s the closeup, now get ready to droll…

sitanggang-babi-goreng
Goreng – 10rb/porsi
sitanggang-daging-panggang
Panggang – 10rb/porsi
sitanggang-saksang
Saksang – 8rb/porsi
sitanggang-sup
Free kuah disajikan dalam gelas, packed with umami!
sitanggang-daun-ubi
Daun ubi tumbuk – 3rb/porsi

Barangkali dari semuanya, menu andalan disini ialah daging goreng, notably dengan lapisan kulit yang tebal nan crunchy, although a bit dry.

sitanggang-daging-goreng

Sekilas, daging panggang kelihatan seperti digoreng, lebih pucat dan taste a bit plain. Selain babi (‘B2’ karena terdiri dari 2 huruf B), menu lain yang lebih eksotis ialah B1 atau Biang. Dalam bahasa batak, biang artinya anjing.

sitanggang-daging-b1-anjing
Fried Doge
sitanggang-saksang-anjing
Saksang Anjing

Untuk menu ini, I pass. The only time gw mengkomsumsi daging ini ialah disaat terserang penyakit demam berdarah. Dari pengalaman sendiri, sop Biang terbukti menaikkan tensi darah yang sempat drop parah.

bpk-sitanggang

Faktor harga bisa menjadi penyebab utama kenapa tempat ini ramai dikunjungi saat jam makan siang. Untuk kami bertiga yang lapar saat itu, hanya berhasil menghabiskan 113rb (sudah termasuk minum).

By the way, perlu diketahui juga rumah makan ini khas Batak, jadi bukan menyediakan BPK (Babi Panggang Karo). Untuk rumah makan BPK, penyajian dagingnya berbeda, contohnya dapat dilihat di BPK Haleluya yang barusan kami ulas.

Nah, sekarang udah tau kan perbedaan rumah makan khas Batak dengan rumah makan khas Karo?

Rumah makan khas Batak Sitanggang
Jalan Sei Batang Hari no 80A
0813 6135 2941

2 thoughts on “Rumah Makan khas Batak Sitanggang”

  1. But I’m a bit terrified with Saksang B1, never try it and I don’t think I have the gut to try it though..

Comments are closed.

Discover more from Makanmana

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading