Sesuai judul, di listicle kali ini MaMa akan menginfo anak-anak MaMa tentang 10 Steakhouse Halal yang dibagi jadi 3 kategori: CHEAP EATS (murah), KANTONG BOLEH-BOLEH (murah tapi nggak meriah), JEBLOS DAH! (mahal).

Listicle ini juga FREE akan daging B2 dan hanya memasukkan tempat makan yang Halal ataupun yang No Pork No Lard saja.

Kuy, segera cek dimana aja tempat makan Steak yang bakal jadi pilihanmu!

1. CHEAP EATS! β€” pinjem kata Inijie

Ekspetasi: harga super murah nggak sampai CEPEK, good food and super affordable!

Raden’s Crispy Steak and Spicy Chicken

Cheapest of the cheapest, Raden’s Steak Crispy and Spicy Chicken berhasil mencuri perhatian karena price harganya yang mulai dari 17Kβ€”24K untuk Steak.

Contohnya menu Crispy Steak yang harganya sekitar 20K. Daging ayam yang dibumbui dan dilumeri adonan tepung kemudian digoreng renyahan menjadi salah satu andalan Raden’s.

Raden’s Steak sudah beroperasi sejak beberapa tahun yang lalu. Namanya juga sudah lumayan populer buat penikmat Steak murmer di Medan. FYI, MaMa pernah nge-review tempat ini nih.

Waroeng Steak & Shake

Waroeng Steak & Shake berawal dari keinginan pemilik untuk menyajikan Steak (yang pada umumnya memiliki range harga menengah ke atas) dengan harga yang lebih bersahabat di kantong.

Dari sana jugalah muncul inspirasi pemilihan kata “Warung”, alih-alih Restoran maupun Cafe, yang memberikan kesan “merakyat”.

Memang, pemilik Waroeng Steak & Shake pada mulanya berkeinginan untuk menarik perhatian mahasiswa.

Di Waroeng Steak & Shake kamu bisa pilih Steak ayam, ikan, dan daging sapi dengan pilihan Steak a la carte, paketan maupun rice box. Mulai dari 20K, kamu uda bisa cicipin Steak yang nggak berat di kantong.

Salah satu menu best-sellernya adalah Chicken Double (sekitar 23K) yang merupakan dua potongan daging ayam yang digoreng tepung sampai crispy dan disajikan di atas hotplate.

MeatUHere

MeatUHere memang merupakan pemain baru di field daging Steak, tapi pilihan dagingnya, rasa dan kualitas serta harga yang termasuk super affordable membuat MeatUHere ikut dirangkum ke dalam listicle ini.

Selain menu Steak, MeatUHere juga menyajikan pasta, nasi, dan sebagainya. Price range Steak mereka mulai dari 55Kβ€”90K, nggak sampai 100K!

Salah satu menu paling populer adalah menu “Oh My Gawd” Wagyu seharga 80K. Tingkat kematangan daging bisa di-adjust sesuai permintaan, so it will be just as you like!

Tip Top

Tip Top yang terkenal sebagai salah satu restoran tertua di Medan (dan masih going strong) ini pertama kali dibuka sebagai toko kue di tahun 1929 di jalan Pandu, dan bukan dengan nama “Tip Top”. Tahun 1934, pemilik Tip Top memindahkan toko kuenya ke Jalan Kesawan dan mengganti namanya menjadi “Tip Top” dan membuka restoran di sebelahnya.

Restoran Tip Top menyajikan variasi menu masakan barat, oriental, dan juga nusantara. Di lokasi yang strategis dengan penyajian menu yang beragam, tidak mengherankan kalau Tip Top mencapai puncaknya secara cepat pada masa kolonial dulu.

Tampilan dan suasananya yang terkesan antik ini sempat membuat MaMa berasumsi makanannya pasti mahal. Tapi MaMa salah besar. Untuk Steak di sini, harganya mulai dari 72Kβ€”84K; pretty affordable, right?!

Menu utama dan yang paling unik adalah menu Steak Lidah, harganya sekitar 65K. Ada sekitar 8 potongan daging lidah, disajikan bersama sayur dan kentang goreng. Meskipun terasa asing di telinga, tapi sparepart yang satu ini menawarkan rasa yang asyik di lidah.

2. Kantong Boleh-Boleh

Ekspetasi: better meat quality with reasonable price range.

Nah, memasuki kategori Kantong Boleh-Boleh, tempat Steak yang tertera di bawah semua harganya ada yang lewat 100K but doesn’t go over 400K

Bistronomix

Sebagai restoran dengan Konsep Bistro, Coffee, dan Bar membuat restoran yang berdiri sejak 2013 ini memiliki keunikan tersendiri.

Tidak hanya menyajikan masakan ala barat seperti Spaghetti, Chicken Steak, Beef Steak dan Burgers, Bistronomix juga menyajikan masakan khas Nusantara seperti Nasi Rica-Rica.

KaSteak Bistronomix bisa kamu nikmati dengan harga mulai dari 68K-195K!

Salah satunya, menu Grilled Chicken Cutlet seharga 74K Bistronomix memiliki kelezatan tersendiri yang patut dicoba. Dengan pasta on the side dan creamy sauce on top, Grilled Chicken Cutlet ini apik abis!

Steak 21

Sejak 1999, Steak 21 telah menyajikan affordable steak yang nggak akan menguras kantong hingga kering, tetapi tetap satisfy one’s craving.

Ayam, Sapi, Ikan, dan Wagyu menjadi jajaran Steak yang bisa dipilih di sini. Mulai dari harga 56K sampai 270K untuk menu a la carte dan 150K sampai 240K untuk menu paket combo yang pastinya buat nggak rugi!

Salah satu menu paket mereka yang buat dompet aman (Pro tip: jangan datang sendirian!) yaitu paket combo Sirloin Steak 150gr seharga 194K++. Nikmat, nakku!

HolyCow! Steakhouse by Chef Afit

Berdiri sejak tahun 2010, awalnya Steakhouse Holycow by Chef Afit ini hanya bermula di dapur rumahnya. Resep dan konsep Steakhouse pun diciptakan oleh Chef Afit sendiri. Bersama timnya, Chef Afit berupaya memberikan STEAKperience yang dapat membuat semua tamunya menikmati makanannya.

Mulai dari harga 98K-410K, kamu bisa memilih jenis daging Steak yang kalian inginkan.

Salah satu menu yang boleh dicoba ada menu Hokubee Rib Eye Mushroom Sauce seharga lebih kurang 150K yang disajikan dengan sauteed veggies dan mashed potato.

3. JEBLOS DAH!

Nah, di kategori Jeblos dah!, yang bisa kalian temukan adalah Steak dengan price range menengah ke atas yang fancy dan mungkin hanya bisa dijangkau kalangan tertentu.

Biasanya, yang membuat resto-resto ini berbeda adalah adanya penjelasan jenis Steak yang bisa dipilih and most of them should have stated the marbling and grade of the Steak agar customer bisa tau jenis Steak yang disantap.

The Traders

Pilihan yang sangat bervarian membuat The Traders menjadi salah satu Steakhouse yang cukup populer. From quality to pricing, The Traders menjual ide Steakhouse dengan kualitas yang baik dan reasonable price.

Dari Australian Young Beef, US Prime Beef, Aussie Black Angus Beef sampai Aussie Wagyu Beef berkisar 129K-499K, kamu bisa menikmati beberapa jenis Steak yang berbeda and choose your favorite!

Prime Steakhouse

Lewat Mbah Gugel, setiap ada kata “steakhouse” dan “medan”, nama Prime Steak House and Bar pasti akan pop out ke bagian paling atas.

Dining service quality serta high quality steak yang disajikan membuat Prime Steak House dan Bar menjadi favorit salah satu anak MaMa. Harganya lumayan menyiksa kantong. Tapi kalau servis dan food quality ikut diperhitungkan, harganya terbilang masuk akal.

Pilihan Steak yang disediakan di Prime Stakhouse dimulai dari US Prime Beef Tenderloin (dan 2 pilihan daging US Beef lainnya) seharga IDR 468Kβ€”785k, Aussie Grain Fed Beef (3 jenis pilihan) seharga IDR 358Kβ€”578K, Aussie Wagyu Beef (3 pilihan juga) seharga IDR 678Kβ€”968K, dan finally, starting at IDR 1.108K, ada Japanese Grilled Wagyu Striploin MB12+.

You can read the review here & here.

DCWagyu by Franz

Murah Sampai Mahal, 10 Steakhouse Halal di Medan Yang Bisa Jadi Pilihan! 2

Price starts from IDR 800K mungkin bakal buat mata kita melotot kaget, tapi tunggu dulu, at least find out why the price is set the way it is.

Sebagai tempat makan yang mengusung konsep ‘private dining‘, Chef Franz berupaya memberikan kualitas, rasa dan servis yang terukur dan effortful. Harga daging sendiri pun dihitung perkilo, disesuaikan dengan jenis, marbling dan grade Steak.

DCWagyu menyediakan daging sapi Wagyu dari Aussie dan Jepang yang berkualitas. Dari Sirloin sampai Tomahawk, dengan hands-on cooking, otomatis starting price untuk menikmati Steak di DCWagyu pun lumayan tinggi.

Ditambah lagi, its private dining concept dan serving hour only for LUNCH&DINNER memberikan kesan mevvah.

Where is your favorite Steakhouse?

Murah Sampai Mahal, 10 Steakhouse Halal di Medan Yang Bisa Jadi Pilihan! 3

Ah, setelah baca listicle ini, siapa nih yang auto-ngidam makan Steak? Well, MaMa does!

Honestly, ada good points buat Steak yang di kategori CHEAP EATS, begitu juga di kategori KANTONG BOLEH-BOLEH dan JEBLOS DAH!. Perbedaan yang paling utama selain harga adalah di tempat-tempat yang menjual Steak “mahal” biasanya akan menjelaskan marbling dan grade dari jenis Steak yang dipilih.

Hal ini membedakan daging Steak “mahal” dengan daging Steak yang harganya lebih murah.

Nah, sebelum berangkat mencari Steak, please tell us where is YOUR favorite Steakhouse di kolom komentar di bawah ya.