Skip to content

Nasi Goreng Pandu Raya, Alternatif Nasi Goreng Pandu & Pekantan

  • by
nasi goreng pekantan

Udah pada tau donk dengan nasi goreng Pandu? Atau Julia Sari? Atau bahkan nasi goreng Pekantan?

Yah, inilah ‘kiblat’nya nasi goreng semalam suntuk, artinya mulai berjualan malam hingga pagi.

Nah, walau yang ini nama usahanya ‘Pandu Baru’, lokasinya ga berada di Jalan Pandu malahan.

nasi goreng pandu raya

Berada di kaki lima, Nasi goreng Pandu Baru ini berlokasi di Jalan Brig Jend Katamso, daerah avros. Supaya gampang dicari, lokasi ini dekat dengan pom bensin dan hanya beberapa ruko dengan AlfaMart.

Bukan Syahrul
Bukan Syahrul, tapi adiknya.

Ialah Syahrul yang dulu sempat bekerja di beberapa gerai nasi goreng di Jalan Pandu sebelum merintis usahanya sendiri.

Alasannya? “Di Pemuda dulu kan sistem bagi hasil bang, jadi kalo terlambat dikit datangnya langsung diliburkan bos—kadang seminggu, kadang 2 minggu…mau makan apa anak istri” Ucapnya.

nasi goreng medan

Nah, kata ‘Pandu’ ini memang keramat, terbukti dari banyaknya kedai nasi goreng yang ada di sepanjang jalan ini, gerai ini membuat saya penasaran.

resep nasi goreng pandu

Walau volume dan frekwensi nasi goreng yang dimasak tidak sebesar di Jalan Pandu, gerai ini lumayan rame dikunjungi belakangan ini, ntahlah apakah harganya, atau memang citarasanya? Mari kita coba nasgornya.

nasgor medan

Dari penampilan sih, ga ada yang berbeda dengan kiblatnya di Pandu, bahkan dari porsi juga. Nasi goreng polos, ditutup ama telur (boleh pilih dadar atau mata sapi), lalu ditaroh semur daging diatasnya.

Namun untuk citarasanya sendiri, lebih intens dan flavorful, sometimes tasted better than Pekantan yang rasanya tergantung mood tukang masaknya.

Even better, harganya cuman Ceban (alias 10rb) per bungkus, harga yang jauh lebih murah ketimbang gerai nasi goreng yang sudah mainstream.

Semur Ayam
Semur Ayam
semur ayam padang

Selain nasi goreng, tersedia juga semur, mie goreng, kwetiaw goreng, namun sepertinya tidak menyediakan capcay.

Beberapa kali kunjungan saya juga rasanya konsisten sebelum menulis review ini. Dibanding Pekantan dan Pandu, gerai new comer ini berhasil merebut hati MaMa.

Nasi Goreng Pandu Raya
Jalan Brig Jend Katamso (daerah Kampung Baru)
Lewat Klinik Teratai
Beberapa ruko dari AlfaMart
Seberang Amanda Brownies kukus
BUKA: 18.30-01.00

7 thoughts on “Nasi Goreng Pandu Raya, Alternatif Nasi Goreng Pandu & Pekantan”

  1. Nasgor angsa dua saya suka, enak. Dlu awal kan buka di jl. A.H. Nasution nya, pas tutup n pindah sempat bingung, rupanya sekarang ke arah Deli Tua. Two thumbs up deh, klo mau porsi banyakan dibungkus. 🙂

  2. Hehehe bisa jadi yah (selain pemakaian nama ‘Pandu’), berhubung ini juga dekat rumah jadi ga ada alasan lagi beli yg pekantan/pandu.

  3. Min @makanmana, gerai ‘NasGor’ ini termasuk hebat.
    Berangkat mula dari satu meja dengann kursi seadanya di sisi sebelah kiri Jalan B. Katamso (arah ke Kp. Baru), kini menjadi salah satu yang cukup favorit.
    Kalau dilihat dari sisi hoki, si kawan ini termasuk cukup dibantu oleh ramainya pengunjung di Klinik Teratai. Jadinya seperti simbiosis komensalisme.
    Kalau mau diambil sisi kegigihannya, abang yang satu ini boleh menjadi contoh. Dengan berinisiatif berjualan sendiri, setidaknya ia telah membuka banyak peluang.
    Salut!

Comments are closed.

Discover more from Makanmana

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading