Kari Bihun Tabona, The Best Curry in Medan

Kari Bihun Tabona

[Updated post dari review 2008] Adakah dari MaMa-nia yang tidak tahu mengenai RM. Tabona? Jangan mengaku anak Medan jika demikian. Apa kata dunia? Hahaha….

Tabona sudah menjadi icon sepanjang masa milik kota Medan sejak puluhan tahun yang lalu. Bangga euy jadi anak Medan hihii…

Pada suatu Minggu yang cerah, saya dan seorang teman berkunjung ke Tabona. Incaran saya sejak saya mengenal Tabona adalah Bihun dengan Kari Sapi.

Tabona

Rumah makan ini menempati hook antara Jln Wajir dan Jln. Mangkubumi. Mobil-mobil pengunjung tampak ramai memadati tempat ini.

Sangking padatnya, saya terpaksa bermain-mata dengan abang tukang parkir agar mendapatkan tempat parkir. Phew..

Outdoor Tabona
Tempat duduk outdoor
Indoor Tabona
Tempat duduk indoor
Indoor Kari Bihun Tabona
Extension ruangan indoor yang baru.

Pengunjung bebas memilih tempat duduk yang nyaman untuk menikmati pesanan mereka, outdoor atau indoor.

Dan ternyata telah ada tambahan ruangan indoor yang baru (dengan kursi berwarna biru). Ruangan tersebut terletak tepat di belakang Fresh & Press yang juga dikelola oleh anak pemilik Tabona.

Owner yang sedang sibuk menyiapkan pesanan pengunjung, seperti tampak pada foto dibawah ini.

Stall Kari Bihun Tabona

Agar teman-teman MaMania dapat mengenal lebih jauh mengenai Tabona, mari kita mulai dari ingredients atau bahan yang dipake di  Kari Tabona.

Kari Bihun Tabona Wajir
Ampela ayam (my favorite!)
Kari Bihun Ayam Tabona
Potongan ayam.

Jeroan Kari Tabona

Babat Kari Tabona
Daging sapi, babat dan kikil.
Bihun Tabona
Bihun yang telah disiapkan di dalam mangkok guna efisiensi waktu.
Kari Tabona
Demikian juga dengan potongan ayam, juga telah disiapkan di dalam mangkok-mangkok.

Nah, inilah kari andalan mereka, basic dari sebuah nama Tabona yang telah begitu tersohor hingga ke manca negara.

Kari Bihun Tabona Medan

Sebagai puncaknya, ini yang ditunggu-tunggu, the end product Kari Bihun Tabona!

Curry broth sangat wangi dan tidak terlalu pekat, namun mengena di hati dan lidah.

Kari Bihun Tabona

Although it’s not my first time, tetap saja gumaman kata-kata  “MMMmmmmm, yummmmy!” selalu terucapkan beberapa kali sampai habis seluruh isi di mangkok. Hahaha, katrok ya!

Daging sapi sangat lembut, empuk dan juicy!
Lihat saja potongan babat yang diangkat dari mangkok itu, menggoda bukan?

Di dalam mangkok juga ada potongan kikil yang licin, bening dan empuk! I had a serious foodgasm upon biting into one of them!

Selain kari sapi, saya juga memesan Mie Pangsit.
Namun mie pangsit disini tidak terlalu berkesan. Dan saya dengar dari seorang teman, dia pernah melihat ada pengunjung yang menikmati mie pangsit dengan kuah kari. Hahaha, what a unique way to savour the food!

Mie Pangsit Tabona
Mie Pangsit Rp. 22,000.-

In conclusion, you may skip the Mie Pangsit, but cannot miss the Kari!

Rumah Makan Tabona
Jln. Mangkubumi no. 17, Medan.
Phone : 061-4525540
Operational Hours : 06.30-16.00

52 thoughts on “Kari Bihun Tabona, The Best Curry in Medan

  1. maksudnya kari kuah tabonanya di campur sama darah ya? beneran? sayang sekali, padahal saya suka kari tabona, tp saya tidak makan darah untuk alasan kesehatan

  2. saya masi sodaraan sm pemilik tabona
    dr generasi nenek emank uda jualan kari..dulu di pancoran jg ad 1 stand yg jual kari bihun dan kari yg dimasak dr 1 resep nenek moyang
    n masi sodaraan sm tabona medan

  3. Mau paling enak?first batch di pagi hari.Panci pertama itu ngga ada yang ngalahin.Apalagi kalau pas kuahnya sisa yang di dasar pancinya hihihihi

    1. Depend pandangan bro.
      Kl halal harus disertifikasi MUI ya ini gk ada logo resmi MUI.
      Yg pasti sih “No Pork”
      Kl ditanya lagi, sapi ama ayamnya disembelih nya halal ato tdk, harusnya semua rumah jagal/potong indo dikontrol toh ama pemerintah.
      Apalagi skala besar pengambilan bahan nya. Jd gk mungkin ambil ama peternak2 kecil2an yg blm tau keabsahan cara potong nya.
      Note kecil, mrk ada side-dish darah ayam potongan, yg tdk di masak campur. Jd by request aza. Kl suka ya bs minta.
      Kl gk pas ama keyakinan, ya jgn request.
      By default nya sih gk dikasih kok.

  4. @leo betul banget, tapi emang tabona emang top banget, sabar sabar, info jelas Nya donk sebenernya halal apa ga ya, yg jelas tanpa darah yaaa

  5. @Arjuna sejatinya merokok itu lbh membahayakan kesehatan, ironisnya ga haram. Kalau menurut kepercayaan anda itu dilarang yah sebaiknya jgn dikomsumsi, bukan hanya darah, semua yg berlebihan itu ga bagus koq buat kesehatan.

  6. Enak sih, tapi semenjak Ada darah Nya. Saya jd berpikir pasti ga halal, soalnya saya org Muslim, Dan darah apapun bentuk Nya itu haram, karna secara kesehatan juga darah itu sumber dari sgala penyakit,

    1. Kayaknya kadang lewat jalan Irian masih nampak ada buka, ruko dpnnya keramik putih semua..kyknya jg sudah lama sekali gak pernah coba kari alam..tah apa karena pernah tutup dulu..Seingat gue dulu mah enak banget.

  7. Saya sudah 16 tahun langganan makan di Tabona,dan sampai hari ini masih belum muak juga.Bagi yang ngga suka encer,silahkan makan kari Sushi Tei saja.Bagi yang bilang tengik,hidung saya belum rusak dan bahkan nyokap saya juga nyium kari Fountain itu tengik waktu saya makan dengan dia di outlet Sun mereka.

  8. wah! kl p0ntain pny kari ..ane bl0m pna ny0ba…tp kl kari tab0k’na..ud pna …raxany xpt d tab0k2 am mike bys0n..akakakaa

  9. Kalau ada peta akan membantu buat orang luar Medan. DImana Jl Wajir? Apa sama dengan Jl. Wazir samping jalan Pemuda? Ps. Buah Brastagi itu di Medan atau Brastagi. Kenapa juga disebut Kari Medan kalau letaknya di Brastagi? apa karena asalnya dari Medan tapi di jual di Brastagi. Cari pasar buah brastagi di google map tidak dikenal.

    Bottom Line.. Kalau lihat web ini nggak perlu nanya orang hotel lagi atau siapapun untuk pergi ke tempat yang direkomendasi, tinggal lihat petanya dan go……

    1. Dewi, setelah bertanya ke beberapa teman, ada yang bilang halal, ada yg bilang ga.. Memang tidak ada penggunaan pork dalam makanan, namun ada lauk yang berisi darah dan tentunya juga tempat ini belum disertifikasi oleh MUI. Semoga infonya membantu.

  10. buat yg gk suka ma darah
    boleh coba kari bihun di jl. perdana..dijamin rasanya TOP jg..isinya daging ayam dan kentang aja..so cocok buat yg gk suka darah
    harganya jg lebih murah..sekitar 13-14 kalo gk sala (da lama gk kesana jg :p)

    bihun bebeknya dan mie ayamnya jg boleh dicoba..gk kala ama kari bihun

    tau lokasi ini karna kantor yg dolo deket disini..tapi gk ada papan nama kekna..lokasinya opposite of cafe yogalife..

  11. @Mae & Ying
    Harga menentukan kualitas.. hahah.. aku sih seneng ama darah nya..
    probably da best in Indonesia..
    5 star certified deh!!

  12. Ini mah makanan kesukaan gwww..Gw biasanya mesen kari lembu n dagingnya smua betis..betis tuh dagingnya yg ada lemak2nya ow enak bgt dehhhh jaminnnn Mak nyossss…

  13. Hi… Tabona memang ada cabang di JKT, di Pluit, yg di JKT itu adeknya pak Agus (boss nya Tabona dari Medan). Origin Tabona dari Pematang Siantar.. around 2 hrs from Medan, Pak Agus itu 2nd generation… all runs in the family…

    from : insider of Tabona

    1. Yes..msh satu resep.. msh keluarga
      Mirip nya about 70%, beda koki meskipun copy paste tetap ada yg berbeda, mgkn santan jawa dan medan,mungkin jg air nya, mgkn jg spesies dr bawang dll nya. Padahal uda copas, bahkan pernah, bumbu halusnya lgsg kirim dr pusat. Cm santan pake yg jkt, tetep aza berbeda..
      Anyway cukup mengobati rasa kangen bila msh lama balik ke medan

      Worth to try

  14. haha..blood lover.. gw seh kalo dikit gapapa, kalo banyak eneg sendiri… yg medan original! Ayo datang ke Medan haha..

  15. aduh ini bihun yang paling enak yang pernah gw makan… ajip banget. Banyak yang ga makan darah nya — justru itu yang paling ajipnya!! cuman banding sapinya gw lebih demen ayam nya.. walaupun gw makan yg di pluit sih.. well kapan2 gw mo nyoba yang di medan!! beneran beda yah katanya??

  16. @Ying, strongly agree with you.
    Menurutku juga biasa2 aza. Yang spesial palingan harganya itu lho, muahal mbok, n definitely ga ngerasa itu wajar dengan apa yang ditawarkan hehehe…

  17. Ingat tabona, ingat waktu SMU, hahahahaha.. waktu SMU sering tuh pagi2 habis olahraga dengan ditemani cewe2 sekelas mau sebelah .. pulangnya sering mampir :d.. tapi coba sesekali makan yang di Pajak Beruang (tepatnya yang di jalan Madong Lubis) kalau yang diseberang pajak juga ada, tapi hanya jual kariayam kalau hari MInggu, cari Asiong ..

    @Ying, ngomong-ngomong tentang darah, memang sih aneh ya.. dulu saya suka sekali lho. tapi sekarang kok jadi takut, mungkin dulu saya pernah baca artikel tentang penularan penyakit yang cepat melalui darah kali. :d

  18. biasa aja rasanya menurut gw.. karinya termasuk encer. trus gw geli ama darah2 nya. walopun pesen ga pake darah tetep aja ada serpihan2nya bikin ga nafsu.

  19. Tapi setelah keseringan makan… biasa aja. But still, santannya dimasak cukup apik dari gerai2 lain yg pernah gw kunjungin.

  20. aahhh.. ini bihun kari yang selalu gw kunjungin kalo ke Medan, di Jakarta blom pernah nemu yang seenak tabona ini, walau di pluit ada yang ngaku2 asli dari tabona medan, secara rasa jauh bgt.

    1. di daerah pancoran,belakang Gloria ,Kari Lam jualan di warung kopi,tempat sih agak pengap,tapi rasanya itu lo….

      1. Kari lam ini membuat gw Notice/Realise enaknya Kari Tabona, secara sy dr kecil makannya tabona mulu. Gk prnh dijejaln yg lain (lantaran jg jarang yg jual). Setelah gede, jg gk paham, apa sih enaknya tabona ini, kok rame amat. Perasaan biasa2 aza. Gk ada benchmark maupun pembanding dr merk lain

        Suatu hari jajal yg di pancoran itu (dgr2 suhu nya sama) dari suapan pertama JRENG JRENG JRENG
        Lebay yeh ??? Hahaha…
        Lgsg jleb, lgsg bs ngebedain dan bs sadari/memahami napa tabona begitu sukses ampe sekarang..
        Ibarat langit dan bumi bedanya ternyata..
        Tabona Begitu stand out dr semua sisi..
        Kl gk prnh makan pait maka kita gk akan tau apa rasanya manis.
        Kira2 seperti itulah perumpamaan nya..

        Just my two cent..

Berikan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s