Sebelumnya, kita bahas dulu sejarah menarik dibalik Martabak Manis Medan Tebal.

Martabak Manis yang terkenal dengan sebutan Martabak Bangka berasal dari Pulau Bangka, tepatnya di Kota Pangkal Pinang. Nama asli Martabak manis ini adalah Hok Lo Pan yang artinya ‘Kue orang Hok Lo’.

Hoklo adalah salah satu suku Tionghoa yang lebih dikenal sebagai suku Hokkien. Namun, masih ada perdebatan mengenai suku mana yang merupakan the inventor of martabak manis; Hakka atau Hokkien. Pada dasarnya, kedua suku ini datang ke Bangka dari Guangzhou, Tiongkok pada abad ke-18. Martabak Bangka sendiri memang makanan khas Indonesia yang diperkenalkan oleh warga keturunan Tionghoa.

5 Referensi Martabak Manis Medan Yang Tebal 2

Bahan utama pembuatan Martabak Bangka ialah tepung terigu, telur, gula, soda kue, santan, dan air. Setelah diangkat dari panggangan, martabak ditaburi dengan gula dan wijen sangrai, yang kemudian dipotong menjadi 2 bagian yang sama besar dan dilipat menjadi satu martabak tebal.

Martabak ini termasuk salah satu makanan asli dari Indonesia dan sangat dinikmati oleh banyak orang Indonesia. Walaupun banyak orang mungkin masih suka dengan authentic taste cemilan ini, tidak bisa dipungkiri bahwa evolusi Martabak Bangka ini telah melahirkan beberapa rasa martabak yang membawa Martabak Bangka ke level yang berbeda.

Di bawah ini adalah beberapa tempat Martabak Manis yang bisa kamu enjoy di Medan!

Martabak Pitstop

The first stop to get an amazing and evolved Sweet Martabak is from the Pitstop! 

Di sini, kamu bisa nemuin Martabak Pizza, Martabak Gulung, dan Martabak Lipat. Untuk basenya, ada 4 rasa yang bisa dipilih; Classic, Pandan, Red Velvet, dan Black Charcoal.

5 Referensi Martabak Manis Medan Yang Tebal 3
From top to bottom: Red Velvet, Pandan, Black Charcoal, & Classic

Yang paling populer sih Martabak Pizzanya, apalagi yang namanya Pitstop 12. Dengan 12 pilihan topping kesukaanmu, you can taste the diabetically-sweet sensation in your mouth. Mulai dari topping mendasar seperti kacang dan meses sampai ke topping mevvah seperti KitKat dan Toblerone, martabak Pitstop 12 ini really go all-out.

This is definitely my go-to ketika diet tidak lagi di kamusku dan saat dompet memberi lampu hijau.

martabak manis medan

Martabak Pitstop

Jl. T. Amir Hamzah No.28
0853-7110-8889
Buka: 14.00-22.30
Halal
Lokasi: https://goo.gl/maps/2Czngb59Ps72

(Baca juga: 5 Martabak Tipker Wajib Coba Medan )

Martabak Yurich and Kebab House

Quality comes with a price is good way to describe Martabak Yurich.

Dengan butter Wijsman dan topping seperti Nutella, Toblerone, dan topping mevvah lainnya, memang kualitas Martabak Yurich sebanding dengan rasa yang dihasilkan. Martabak mereka comes with various flavours, dimulai dari base-nya sendiri sampai dengan topping mereka yang mewah.

5 Referensi Martabak Manis Medan Yang Tebal 4
Sekotak Orchis

Brand yang satu ini sebenarnya turunan dari brand yang sama yang melahirkan Pitstop. That’s why their base may taste similar. Meskipun begitu, Yurich merupakan salah satu penjual yang memulai trend ‘Martabak Hitam’ di Medan. Warnanya yang tergolong unik untuk yang namanya martabak ini pun menjadi sangat populer di kalangan anak Medan. Apalagi signature-nya Yurich, The Black Orchis.

5 Referensi Martabak Manis Medan Yang Tebal 5

Kalau anak-anak MaMa mau pesan online ataupun langsung ke lokasi, don’t miss out on their signature, the Black Orchis!

Martabak Yurich and Kebab House

Jl. Putri Merak Jingga No.8H, Kesawan
0813-6108-8885
Buka: 10.00-23.30
Halal
Lokasi: https://goo.gl/maps/KLEaU8CkWGD2

Martabak Mekar

Yang MaMa coba disini namanya martabak manis special campur, di dalamnya ada coklat, keju, kacang dan wijen. Could you imagine how delicious—and sweet—it was? Cuma ngebayanginnya aja uda bikin nelan ludah melulu.

By the way, karena martabak yang kita pesan itu adalah hasil dari dua martabak full size yang ditimpa jadi satu, mungkin martabak ini may feel a tad greasy and too filling. Olesan margarinnya nggak segan-segan loh!

Mau enjoy martabak tebal dengan isi berlimpah, boleh coba Martabak Mekar.

Martabak Mekar

Jl. Haji Muhammad Yamin NO.92C Sebelah YUKI Supermarket
0821-6377-2859
Buka: 14.00-22.00
Halal
Lokasi: https://goo.gl/maps/gRStpVUcnCm

Martabak Den Bagoes

Saking terkenalnya martabak yang satu ini, gerai dengan brand Den Bagoes yang hailing dari Sulawesi pun dibuka lebih banyak di beberapa area di Medan. Rasanya yang enak dengan pilihannya yang variatif plus dengan harganya yang enteng di kantong pun membuat banyak pelanggan berbondong-bondong untuk come back.

5 Referensi Martabak Manis Medan Yang Tebal 6
Martabak Coklat Kacang

Untuk rasa dan tekstur, mungkin Martabak Den Bagoes ini too sweet and too soft for us, tapi for your sweet tooth, this might suits you.

5 Referensi Martabak Manis Medan Yang Tebal 7

Satu hal yang buat martabak ini makin populer juga dikarenakan oleh promo tukar 10 kupon dengan satu martabak. Martabak Den Bagoes ini bisa jadi pilihan utama kamu buat mendapat cemilan enak berkualitas yang harganya cocok dengan dompet bulan tua.

Martabak Den Bagoes “Khas Tegal”

Jl. Arief Rahman Hakim No.189c, Tegal Sari II
0821-9612-9222
Buka: 18.00 – 24.00
Halal
Lokasi: https://goo.gl/maps/V2M6PHYABRJ2

Martabak Piring Murni

5 Referensi Martabak Manis Medan Yang Tebal 8
Penaburan meses di atas martabak tebal piring

Looking for a simple martabak manis medan tebal yang ga mahal dan cocok buat snacking? Don’t worry, Martabak Piring Murni got you covered! Martabak yang satu ini memang sudah terkenal dengan rasanya yang consistent.

5 Referensi Martabak Manis Medan Yang Tebal 9
Martabak Tebal Piring Murni

Dengan adonan yang lebih kental daripada martabak TipKer mereka, martabak ini lembut dan padat di setiap gigitan. Crunchiness dari taburan wijen dan meses are perfectly matched the Martabak.

Simple and good? O HO YES.

Martabak Piring Murni

Jl. Bogor simpang Jalan Selat Panjang
0813-6109-1126
Buka: 17.30 – 23.30
Halal
Lokasi: https://goo.gl/maps/1933gFD68Hw

Martabak Manis Medan – Overall…

Menurutku, foundation semua martabak manis itu mirip-mirip, tapi pasti ada ‘sweet spot’ masing-masing Martabak yang bikin kita semua punya favorit yang berbeda-beda. To me, I’ve always thought martabak classic would be something I’d always go back to but I’ve discovered my ultimate bias: The Orchis. 

Anak-anak MaMa, ada ga tempat martabak favoritmu? Tulis komen kamu di bawah to let us know your fav place!

Yuk ikuti keseruan dari Makanmana di video terbaru: