fbpx

Ini dia 5 Martabak Manis “TipKer” Medan yang wajib dicobain

Ada momen-momen tertentu dimana gua ngidam banget sama sesuatu yang manis, terutama saat sedang bersedih hati. Sayangnya aja gue pribadi nggak begitu suka pastry ataupun es krim, therefore I need another alternative! For my mood-fix, Martabak Manis comes to the rescue.

Ini dia 5 Martabak Manis "TipKer" Medan yang wajib dicobain 1

Why TipKer?

Martabak Manis, in general, ada dua jenis: tipis dan tebal. Saat butuh teman hangat sih nikmatnya makan martabak manis yang tebal. Tapi untuk daily snackand also my personal favouriteI’d eat the thin one anytime! Lebih tipis dan crispy kayak makan kripik gitu!

Lapisan tipis adonan tepung yang diratakan dan dipanggang di atas piring kemudian diolesi dengan lapisan mentega serta taburan gula pasir benar-benar bikin hati gue luluh. Coklat ceres, keju parut yang lezat, dan taburan kacang, not just completed the Martabak but my life.

Berikut ini adalah list beberapa tempat di mana kamu bisa nyobain martabak-martabak “TipKer” atau tipis kering di Medan yang hopefully bisa juga luluhin hati kamu.

Martabak Kapuas

Terletak di persimpangan Jalan Sutomo, Jalan Kapuas dan rel kereta api 😁, Martabak Kapuas hanya muncul di malam hari dengan waktu yang tak tentu (umumnya jam 7 sudah rede). Meskipun begitu, banyak penggemar yang tetap datang untuk menikmati Martabak ini.

Martabak yang satu ini memiliki tekstur yang crispy dengan bagian tengah yang sedikit lembut (not entirely crispy). Entah kenapa martabak jenis ini tidak pernah disajikan dalam ukuran besar sehingga martabak piring ini selalu habis dalam 4 gigitanku. Of course, one is never enough!

Ini dia 5 Martabak Manis "TipKer" Medan yang wajib dicobain 2
Martabak saat proses pemanggangan.

Harum lelehan mentega yang merebak di udara adalah surga untuk organ pernapasan kami. Fix, gua auto-like dengan kombinasi aroma yang harum dan rasanya yang bikin gua ketagihan. Gabungan dari meses, margarin dan kacang membuat setiap gigitannya make it worth the buy. Definitely coming back for more!

Ini dia 5 Martabak Manis "TipKer" Medan yang wajib dicobain 3
Final result :d

Martabak Kapuas

Jl. Kapuas simpang Jl. Sutomo Medan, Medan Kota, Kota Medan, Sumatera Utara 20212
0813-6150-3660
Buka: 18.00 – 24.00
no pork
Lokasi:
https://goo.gl/maps/UYnhFXUdhu72

Martabak Agus

Di sebarisan gerai-gerai makanan di Jalan Gedeh, di pojokan antara Jalan Gedeh dan Jalan Selamat, bisa ditemukan gerai ini. Usaha martabak yang sudah turun-temurun itu pun berbaur dengan banyaknya usaha-usaha di sekitarnya, without feeling intimidated. Aroma martabak di atas piring, yang sudah dipanaskan lebih dahulu di atas arang, cukup menggugah selera.

Ini dia 5 Martabak Manis "TipKer" Medan yang wajib dicobain 4
Martabak Piring Agus

They tasted like the average martabak TipKer’s taste, sweet and crispy, but there’s nothing that stands out. If you’re around the area and you need to please your tummy before the main dishes kick-in, it’s wise to enjoy this Martabak.

Martabak Agus

Jl. Selamat No.2d, Pusat Ps., Medan Kota, Kota Medan, Sumatera Utara 20212
0812-6338-1986
Buka: 6AM – 10PM
no pork
Lokasi:
https://goo.gl/maps/ZKMZxNk4upo

Martabak Piring Lia

Kebanyakan martabak piring teksturnya lebih renyah, tetapi martabak ‘TipKer’ yang satu ini lebih lembut meskipun tipis. Meskipun begitu, teksturnya yang lebih lembut di tengah ini memberikan kesan nyaman yang cocok untuk dinikmati pelan-pelan.

Ini dia 5 Martabak Manis "TipKer" Medan yang wajib dicobain 5
cr: berbagaiwisatakuliner.com

Definitely as tasty and more preferable for some people rather than other ‘TipKer’ types because of its softer texture. Rasanya yang sweet dan buttery memanjakan lidah di malam hari yang dingin.

Because of its pillow-like texture in the middle, the margarine melted perfectly with the inner side of the martabak. Each bite is full with bursting savoury and sweet flavour that keep your hand coming for more!

Martabak Piring Lia

Jl. Tjong Yong Hian No.88, Ps. Baru, Medan Kota, Kota Medan, Sumatera Utara 20212
0812-6435-4436
Buka: 5PM-
no pork
Lokasi:
https://goo.gl/maps/x2VmAU6obX92

Martabak Terang Bulan “Chandra 99”

Ini dia 5 Martabak Manis "TipKer" Medan yang wajib dicobain 6
Hangatnya diatas panggangan.

Of course nggak semua martabak beradonan tipis itu crispy. Kali ini, kami cobain martabak tipis dari Chandra 99. Martabak tipis yang kami kira bakalan crispy ternyata hanya merupakan versi lebih tipis dari martabak tebal pada umumnya (READ: martabak TipKer di sini lebih dikenal sebagai Martabak Piring).

Tekstur lembut martabak yang lebih tipis terasa nyaman dinikmati. Taburan coklat meses, biji wijen dengan taburan kacang yang memanjakan lidah memunculkan atmosfir klasik, seakan-akan memori dari tahun lawas kembali berputar di pikiran. Sayang sekali kami skip pilihan keju karena intensitas rasanya terlalu berat untuk perut kami yang sudah terisi sebelumnya. But if you guys mau coba, GO AHEAD!

Ini dia 5 Martabak Manis "TipKer" Medan yang wajib dicobain 7
Martabak tipis Chandra 99

Martabak Chandra 99

Jl. Bimbingan Belajar Plus, Jalan Sumatera, Pandau Hulu I, Medan Kota, Kota Medan, Sumatera Utara 20211
0813-6114-001
no pork
Lokasi: https://goo.gl/maps/21wnVUzYuCJ2

Martabak Piring Murni

Last but not least. First stall to greet you when you’re hunting for food along the legendary street food alley, Selat Panjang, Martabak Piring Murni is there to accompany your lil’ journey. Terkenalnya Martabak Piring Murni terjadi pasca diliput TV Nasional karena disponsori oleh Ceres, meses coklat yang dipakai dalam pembuatan cemilan ini.

Ini dia 5 Martabak Manis "TipKer" Medan yang wajib dicobain 8
Martabak Piring Tebal di atas tungku arang yang membara.

Ada dua adonan berbeda yang digunakan untuk membuat martabak tebal dan tipisnya. While yang tebal—dengan adonan yang lebih kental dan tebal—takes more time than the thin one saat dipanggang, yang tipis—dengan adonan yang lebih cair—butuh durasi pemanggangan yang lebih singkat.

Ini dia 5 Martabak Manis "TipKer" Medan yang wajib dicobain 9
Crumble meses dan sugar di dalam martabak tipis

Martabak Manis Tebal is great but, personally, the Tipis one is definitely the steal! Berbaurnya taburan gula dan olesan margarin are like having a match made in heaven – they complement each other perfectly!

By the way, make sure not to go too late karena semakin malam, semakin lama nunggunya nih!

Martabak Piring Murni

Jalan Bogor simpang Jalan Selat Panjang
Tel: 0813 6109 1126
no pork
Lokasi: https://goo.gl/maps/1933gFD68HwJ

Nah, anak-anak MaMa, sekarang udah tahu kan mau kemana buat makan martabak manis tipker? Kalau kamu ada rekomendasi martabak tipker top lainnya, comment aja di bawah!

4 thoughts on “Ini dia 5 Martabak Manis “TipKer” Medan yang wajib dicobain

  1. Bosan tidak tahu mau mengerjakan apa pada saat santai, ayo segera uji keberuntungan kalian
    hanya di D*E*W*A*P*K / pin bb D87604A1
    dengan hanya minimal deposit 10.000 kalian bisa memenangkan uang jutaan rupiah
    dapatkan juga bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% 🙂

Leave a Reply