Martabak Terang Bulan “Chandra 99”

martabak terang bulan

Di kota Medan ini sebenarnya banyak kuliner dari daerah, misalnya Mie Aceh, Mpek-mpek Palembang, Mie Siantar, dll. Nah, salah satunya lagi ialah Martabak Bangka (Terang Bulan). Di daerah Bangka, kepopuleran martabak ini menyebar hingga ke kota Medan, dimana perintisnya pertama kali berjualan di Jln Sisingamangaraja. Dari kepopuleran itu muncullah beberapa gerai yang bertahan hingga sekarang, salah satunya Martabak Chandra 99. Kami mampir disini karena kebetulan sekali gerai ini bersebelahan dengan Nasi Ayam Apin yang kami review sebelumnya.

alamat nasi ayam apin medan

Penyajian martabak Bangka berbeda dengan martabak telur. Pada umumnya sih gerai martabak Bangka menyediakan 2 jenis martabak yang dikategorikan dalam 2 rasa, asin dan manis. Yang asin akan kita bahas lain kali, karena kebetulan Gerai Chandra 99 ini tidak menjualnya.

martabak terang bulan bangka medan

Martabak yang kami pesan ini adonannya base manis. Ada 2 jenis ketebalan yang bisa dipilih, tebal dan tipis yang masing-masing memiliki cita rasa yang berbeda. Nah, karena udah terlanjut kenyang dengan nasi ayam, kami memilih opsi tipis. Berbagai topping juga dapat dipilih, mulai dari wijen, kacang, meses, dan keju. We skipped the keju, takut eneg…

martabak bangka medan

Porsi martabak ini sebenarnya lumayan besar, maka itulah ada 2 ukuran yang disediakan disini. Yang difoto ini ukuran kecil, gimana ukuran besarnya yah?? Ukuran kecil ini cocok dimakan berdua. Mau lebih kecil lagi? Martabak Piring namanya… contohnya martabak kapuasMurni, atau Agus

martabaka chandra 99

Terlepas dari hebohnya martabak Bangka fusion yang menggunakan bahan-bahan import misalnya Toblerone dan Nutella, kami masih menyukai kesederhanaan martabak Bangka ini. Dari sekian banyak martabak Bangka Terang Bulan yang bertebaran di kota Medan, manakah gerai favoritmu?

  1. Koh Leo, katanya martabak bangka itu bukan berasal dari Bangka, tetapi singkatan dari abang kakak ??

    Reply

    1. Bisa jadi, kalo demikian asal muasal abang kakak dari mana yg kemudian diikuti semua org?

      Reply

  2. Buka mulai jam berapa nih min?

    Reply

    1. sore ampe malam

      Reply

  3. Dikabanjahe ada juga martabak bangka , tepatnya di rumah makan 45 tugu bambu runcing, namanya kalau gk salah martabak meisya, sepertinya baru buka , harganya tergolong murah rasanya mantap , teksturnya juga sangat kekar berotot, Udah 2 kali beli disitu, kalau ada duit pengen lagi beli, ketagihan dgn rasanya yg nyammi.

    Reply

  4. Classic never dies …Agree !!

    Reply

  5. @Ramadhanniel iya nih.. Hrgnya ga tahan..Tapi yah sensasi lah.. Spt indomie pedas mampus… But still, classic never dies :p

    Reply

  6. Ramadhanniel Yuanda 18 Feb 2014 at 15:11

    @Leo hahaha.. setuju bro dengan comment2 berlebihan di IG tentang tu martabak dengan toping cokelat batangan. soalnya sebelumnya da pernah coba dari aslinya langsung martabak 65A pecenongan Jakarta. Harganya yang ga tahan… MUahallll…..

    Reply

  7. @wiriannie Iya nih byk dgr rekomendasi martabak Mekar yuki serdang, topping toblerone ama nutella emang dr sononya uda enak coklatnya, mau adonan spt apapun yah tetap sama aja rasanya menurutku.. Tp yah.. Koq heboh gitu yah di ig sampe mujinya selangit.. Apa dikasi gratis buat promosi dan endorse kali yah hehehe…

    Biasanya sih kalo gw beli martabak gini… Polos aj.. Alias hanya pake mentega dan sedikit taburan gula dan wijen.. Kenapa? Yah karena ga menutupi aroma asli martabaknya… Kalo uda taro keju, coklat, kacang… Jadi berat di rasa topping dan manisnya.

    Reply

  8. @winardi aduh lupa aku.. Soalnya skema harganya kaya MLM.. Pake ini brp, pake itu brp… Tp yg jelas ga mahal la hehe…

    Reply

  9. @Bocah gendut dut.. Yok mgg ini makan bebek rekomendasimu.. Aku ajak yg lain boleh?

    Reply

    1. Bocah Gendut 18 Feb 2014 at 11:01

      @Leo uda gw tunggu tunggu kapan loe sempat, ayo ajak aja yg laen, jangan sampai bebek goreng nya tutup karena ga laku sedih ntar gw hahahaha. jadi kapan?

      Reply

  10. Martabak mekar yg di sebelah yuki simpang thamrin jg mantap min.
    Skrg jg da mulai jual yg topping nutella ma toblerone
    Tp mnrt gw sih yg pkg enak,tetep yg topping biasa
    Harga jg lbh masuk akal yah,drpd si nutella ama toblerone itu

    Reply

  11. Pak Leo, harga mulai berapaan?

    Reply

  12. Bocah Gendut 18 Feb 2014 at 08:36

    eh kebetulan sekali, td malam baru makan itu, so dang good, texture nya mirip Bika Ambon, so moist, and goody goody yummy. If food is a religion, this martabak is so sinfull you will go straight to hell. Satu porsi yg kecil bisa gw abisin sendiri, tapi ga enakan ada bini disebelah wakakakaka.

    Reply

Berikan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s