Kalau mendengar nama “Kwetiau goreng atau Char-Kway-Teow“, jajaran daftar kwetiau legendaris seketika bermunculan di benak.

Dimulai dari Kwetiau Andalas, Kwetiau Pek Mo, Kwetiau Kerang, Kwetiau Ong sampai ke yang sudah pasti disebut yaitu: Kwetiau Ateng yang satu ini.

Kwetiau Ateng, Salah Satu Kwetiau Legendaris di Medan 2
Kwetiau Ateng S. Parman

Setengah Abad Kiprah Kwetiau Ateng

Mulai berdiri sejak tahun 1966 di Jl. Sumatera dan kemudian membuka cabang pada tahun 1998 di Jl. S. Parman, Kwetiau Ateng tercatat sudah beroperasi selama kurang lebih 53 tahun dan masih beroperasi saat artikel ini dibuat.

Pada awalnya Kwetiau Ateng berjualan di pinggir jalan dengan menyewa lapak.

Kwetiau Ateng, Salah Satu Kwetiau Legendaris di Medan 3

Karena harga sewa yang seiring berjalannya waktu makin meningkat, akhirnya Kwetiau Ateng memilih untuk membeli ruko karena dirasa lebih “ekonomis” dibandingkan menyewa.

Yang kami kunjungi ini merupakan cabang Kwetiau Ateng yang berlokasi di Jalan S. Parman.

Setelah di renovasi tahun 2005, penampakan luar Kwetiau Ateng jadi lebih modern dan interiornya yang dilapisi keramik memberikan kesan yang rapi dan bersih.

“Kwetiau Ateng” Warisan Ayah

Dimulai dari sang Ayah, usaha ini pun kemudian diturunkan ke anak-anak dan cucunya.

Untuk soal rasa, kamu gak perlu cemas karena chef-nya masih berhubungan darah dengan pemilik terdahulunya (kami kurang jelas kalau yang masak itu anak atau sepupu; yang pasti, mau malam atau siang tetap keluarga sendiri yang masak, bukan asisten).

Di sini, ada tiga menu utama yang bisa kamu temui: nasi, kwetiau, dan bihun, yang bisa kamu request untuk digoreng polos, dengan telur, dengan seafood atau komplit. Nah pilihan kami siang itu jatuh ke Kwetiau Komplit.

Kwetiau Ateng, Salah Satu Kwetiau Legendaris di Medan 4
Kwetiau Komplit (45K)

Ada lima bahan utama yang termasuk dalam satu porsi Kwetiau Komplit; bakso ikan, lapcheong, chasio, udang dan campuran dua jenis telur: ayam dan bebek. Katanya, telur bebek memberikan tampilan warna yang lebih cantik.

Aroma dari kwetiaunya sendiri benar-benar menggugah selera, apalagi ketika suapan pertama mendarat di mulut: nggak berminyak, harum, dan lembut dengan potongan kecil telur orak arik yang masih jelas terasa.

Ditambah lagi dengan garingnya lemak Babi (bakphok/pork lard) yang digoreng hingga renyah dan tidak berminyak semakin menambah selera makan kami siang itu.

Kwetiau Ateng, Salah Satu Kwetiau Legendaris di Medan 7
Es Buah

Untuk menetralkan menu Main Course kami yang panas, kami pun pesan segelas es buah yang dingin untuk dibagi berdua.

Menurut aku, rasa Es Buah disini nggak begitu manis dan cocok untuk lidah saya. Perpaduan berbagai buah mulai dari longan, semangka, nenas dan berbagai buah lainnya serta jelly menciptakan kombinasi yang cukup apik untuk melegakan tenggorokan dari rasa asin dan gurihnya kwetiau tadi.

But, kalau es buah doang nggak cukup untuk menyegarkan tenggorokkan, berbagai variasi minuman dan desserts lainnya juga tersedia untuk dipesan.

Kwetiau Ateng, Salah Satu Kwetiau Legendaris di Medan 11
Kwetiau Ateng Komplit

Seporsi Kwetiau Komplit ini harganya IDR 45K, termasuk angka yang cukup premium kalo menurut orang Medan.

But in the end, semuanya kembali lagi ke preference masing-masing untuk membandingkan soal harga dengan presentasi hasil akhir produk. Cocok tidak ‘kah makanannya diberi harga segitu.

Meski begitu…

Kwetiau Ateng Nggak Pernah Sepi Pengunjung!

Meskipun tidak 100% penuh, namun tidak bisa dipungkiri bahwa nyaris tidak ada satu haripun dimana Kwetiau Ateng kosong pengunjung.

Apalagi kalau menjelang matahari terbenam, saat-saat itulah meja pun mulai dipenuhi pengunjung dan pasukan baju ijo yang berjejeran di depan.

Satu hal yang membuat nama Kwetiau Ateng ini nggak bisa dipisah dari kata ‘populer’ adalah kedatangan para selebriti dan exposure dari beberapa network TV lokal yang udah pernah beberapa kali mewawancarai mereka.

That’s why, Kwetiau Ateng cocok untuk dikunjungi bersama teman yang datang dari luar kota maupun luar negeri; credibility-nya jelas!

Kwetiau Ateng

Jl. S. Parman Nomor 52A
Jam buka: 08.00 AM – 01.00 AM
Non-halal
Lokasi: https://goo.gl/maps/Lju9qU7zY3fU4KKp7