7 Wajib Coba Nasi Padang di Medan (+ Lauk Jagoannya)!

PA281794-1

Kalau ngebahas tentang masakan khas Sumatera Barat yang paling digemari rakyat Indonesia, makanan yang satu ini pasti ga luput dari perhatian.

Terdiri dari Nasi, Gulai Nangka, Daun Singkong, dan varian lauk lainnya, Nasi Padang merupakan salah satu santapan siang ataupun malam hari yang dijamin bikin kenyang.

Yang membuat Nasi Padang ini berbeda dengan masakan dari Warteg ataupun warung nasi pada umumnya, karena Nasi Padang memiliki aroma rempah yang kuat, biasanya terletak di rendang dan gulainya.

Biasanya, kalau makan di restorannya langsung, pelayan akan menyajikan berbagai jenis lauk dari sterling ke meja, dan tamu hanya perlu menikmati makanan yang diinginkan, sisanya yang tidak disentuh, tidak dihitung.

Tapi sekarang, lebih banyak orang yang memilih Nasi Padang untuk dibungkus aja—ada yang bilang lebih nikmat karena semua bumbu-bumbunya tercampur begitu dibungkus.

Anak-anak MaMa, kalian tim dibungkus atau tim disajikan?

Restoran Garuda

Kalau ditanya ke rakyat Medan, mana sih Rumah Makan Padang paling best di Medan, banyak yang akan menjawab: Restoran Garuda.

Berdiri sejak 1976, Restoran Garuda merupakan salah satu Rumah Makan Padang asal Medan paling terkenal yang pernah ada. Pertama kalinya Rumah Makan Padang ini dibuka di Jalan Palang Merah Simpang Perniagaan, dan sampai sekarang, kira-kira sudah ada 16 cabang yang dibuka, beberapa di antaranya berdiri di luar negeri, seperti Singapura. Jadi, siapkan dompet tebal karena makan di sini tidaklah murah.

Signature khas dari restoran Garuda ini Ayam Pop-nya yang super lembut dan nikmat, pastinya enak banget kalau dimakan bareng nasi dan berbagai jenis lauk lainnya. Selain Ayam Pop, kalian juga perlu cobain Rendangnya.

CHECK OUT REVIEW-NYA DI SINI!

Restoran Garuda

Alamat: Jln. Palang Merah Simpang Perniagaan (main)
Jam Buka: 24 Jam
Lokasi: https://goo.gl/maps/rSGkLoevHKfXpQwv7

Rumah Makan Uda Sayang

Salah satu Rumah Makan Padang yang juga sudah lama buka dan jadi favorit rakyat Medan ialah RM Uda Sayang. Ada dua lokasi yang bisa kalian kunjungi untuk menikmati santapan khas Minang ini, satu di Pusat Pasar kota Medan dan satu lagi di Jalan Gunung Krakatau.

Cabang RM Uda Sayang yang di Jln. Gunung Krakatau dikenal lebih bersih dan adem tempatnya karena ber-AC. Jadi, buat yang ingin makan di tempat boleh dicoba langsung ke lokasi cabangnya.

Menurut MaMa, yang menjadi cirikhas RM Uda Sayang ini terletak di sambalnya, yaitu sambal cabe ijo, cabe merah dan Cabe Dendenganya yang nendang banget.

Cabe Dendengnya terasa segar dengan sedikit hint asam. Satu hal lagi yang mantap dari RM Uda Sayang, ayamnya baru digoreng ketika ada pesanan. Jadi panas-panas mantul dah!

CHECK OUT REVIEWNYA DI SINI! (Lokasi Utama)

Rumah Makan Uda Sayang (Cabang)

Alamat: Jl. Gunung Krakatau No.11
Jam Buka: 10AM-10PM
Lokasi: https://goo.gl/maps/YTVNwkS6XbNtKVAn8

RM Gumarang Jaya

Meskipun sekarang sudah banyak orang yang lebih memilih bungkus pulang nasi dibanding makan di tempat, unexpectedly, RM Gumarang Jaya selalu padat manusia di siang hari.

Gumarang Jaya yang sudah berdiri sejak 1982 ini terkenal dengan Peyek Udangnya. Garing dan gurih, Peyek Udangnya langsung berbaur indah dengan gulai nangka dan daun singkongnya.

Kalau mau menikmati sebungkus Nasi Padang Gumarang Jaya, harus langsung ke lokasi utamanya, karena ga ada cabang.

RM Gumarang Jaya

Alamat: Jl. Brigjen Katamso No.29, A U R, Medan Maimun
Jam Buka: 9AM-9PM
Lokasi: https://goo.gl/maps/V2YFAejQ7RPhBHn48

RM Pondok Gurih

Just next door, terletak Rumah Makan Pondok Gurih yang terkenal dengan Gulai Kepala Ikannya.

Pondok Gurih merupakan salah satu Rumah Makan Padang yang ga pernah kekurangan pelanggan, apalagi ketika diukur dari banyaknya ojol berbaju ijo yang parkir di depan sembari menunggu pesanan online.

Pondok Gurih juga sering dikunjungi masyarakat sekitar yang membawa tamu luar kota untuk mencicipi santapan khas Minang yang citarasanya sudah pas di lidah orang Medan.

Kalau ke sini, ga boleh lewatin Gulai Kepala Ikannya. Kuah kuning yang harum dan gurih, pas banget ketika disiram ke nasi ini memberikan citarasa yang khas di Pondok Gurih. Sambal kripik kentang di sini juga mantep; tekstur renyah yang tidak keras dan tidak lengket, dengan sentuhan pedas yang melengkapi rasa overall Nasi Padang-nya.

CHECK OUT REVIEW-NYA DI SINI!

RM Pondok Gurih

Alamat: Jln. Bridgjen Katamso No.33A
Jam Buka: 10.45AM-8.30PM
Lokasi: https://goo.gl/maps/JiEr5vTJKj4u2TKW8

RM Iwan Sayang

Rumah Makan Iwan Sayang yang terletak di seberang Pusat Pasar ini tidak begitu luas, sedikit gerah kalau makan di tempatnya langsung. So, MaMa saranin untuk langsung dibungkus aja.

Di RM Iwan Sayang, yang bikin nagih adalah sambalnya yang pedas menggigit. Meskipun menurut testimoni anak-anak MaMa yang pernah beberapa kali pesen online bilang rasa pedasnya ini ga konsisten, kadang bisa pedas banget, kadang ga pedas 😆 Kalau menurut kalian gimana?

Kalau sambalnya aja masih belum cukup membuat kalian, then cobain juga Sop Sapi, Peyek Udang, sama Ayam Pop mereka!

RM Iwan Sayang

Alamat: Jl. M. T. Haryono No.134
Jam Buka: 7AM-8PM
Lokasi: https://goo.gl/maps/7EKHbhDb3eBy5D8U9

RM Simpang Tiga

Rumah makan yang satu ini pasti sudah sangat familiar di telinga orang Medan, karena tempat ini sering jadi tempat perhentian sementara buat yang jalan-jalan ke Pantai Cermin.

Selain di Perbaungan, kalian juga bisa nemuin Restoran Simpang Tiga di Tanjung Morawa, Pematang Siantar, dan closer at home, di Jln. Mongosidi No.26, Medan.

Tempatnya yang luas dan ber-AC ini membuat banyak tamu yang lebih prefer untuk dine-in ketimbang bungkus, setuju ga?

Kalau pesen NasPad di sini, jangan lupa pesen Ayam Pop-nya.

RM Simpang Tiga

Alamat: Jln. Mongonsidi No.26
Jam Buka: 24 Jam
Lokasi: https://goo.gl/maps/PgaNiygB4B3Lq1Vs6

Nasi Padang Nasi Keriting

Santapan utama yang dijual di Nasi Keriting bukan Nasi Padang, melainkan Nasi Keriting (nasi+mie keriting). Tapi, selain Nasi Keriting, mereka juga menyediakan menu Nasi Padang.

Berkat cabe racikan sendiri yang beda dari yang lain, Nasi Padang di rumah makan ini juga patut dicobain, soalnya rempah yang dipakai berbeda dengan yang lain.

Psst, level kepedesan cabenya juga bisa diatur loh!

Nasi Keriting

Alamat: Jln. Sutomo No.31 E-F
Jam Buka: 10.30AM-9PM
Lokasi: https://goo.gl/maps/zDsvb5yotBrnDkBK9

BEST Nasi Padang Versi Kamu!

Ga bakal habis kalau ngebahas tentang Rumah Makan Padang di Medan. Yang di atas ini hanya beberapa rumah makan yang MaMa rekomendasi. Ada Rumah Makan Padang mana lagi yang kalian rasa perlu MaMa cobain, langsung komen di bawah aja!