Popiah Jalan Yose Rizal

popiah yose rizal

All hail Medan popiah king! Kalau ada yang nanya dimana makan popiah yang enak, pasti yang duluan lewat di pikiran ialah popiah yang berada di Jalan Yose Rizal ini. Resep popiah ini sudah diturunkan dari generasi ke generasi. Di gerai yang kecil dan sempit ini, mereka masih berjualan secara sederhana dan tradisional.

Masih teringat dulu zaman SD, yang berjualan ialah seorang kakek dan nenek dengan karakter yang kontras. Sang kakek biasanya fokus di bagian penggorengan sedangkan si nenek dengan jari menari membungkus popiah. Lalu kontrasnya dimana? If you’re frequent buyer, pasti bakal tau kalo si kakek ini lebih murah hati, terkadang apabila anda membeli dalam jumlah yang banyak kadang biasanya akan diberi bonus, sedangkan si nenek selalu bertekak dengan sang suami sambil mengontrol dan membatasi jumlah lauk yang dipakai.

gerai popiah kotacane

Zaman mulai berubah dan belakangan ini sangat jarang sekali melihat kedua sosok sang kakek dan nenek ini. Yang melanjutkan usaha popiah sekarang ialah anak mereka. Cita rasa yang ditawarkan tidak berbeda dan tetap konsisten. Ada 2 pilihan popiah yaitu goreng dan biasa. Walau memiliki lauk yang sama, cita rasanya beda lho.

popia goreng

Cemilan sehat ini terdiri dari kulit popiah sebagai base, kemudian diisi selada, wortel, lobak putih, bawang goreng, kemudian daging chasio serta daging kepiting yang secuil yang kemudian digulung. Saos cabe yang dipake ga kalah enak juga lho…warnanya merah hati dengan rasa pedas manis.

resep popiah medan

Tentunya sebagai benchmark popiah di kota Medan, harga yang ditawarkan juga diatas harga popiah pada umumnya. Terakhir kami beli harganya goceng per potong. Dan harganya selalu mengalami inflasi tiap tahun. Hingga saat ini memang kami belum menemukan popiah yang lebih enak di Medan, so… do you agree if we give the title ‘Popiah Ong’ untuk gerai ini?

59 thoughts on “Popiah Jalan Yose Rizal

  1. kita juga udah makan nih popia kemaren , pas dibawa kesana malam harii lgs beli 10 biji goreng dimakan di Ayong Jl babura pas tunggu psanan makanan
    kalap krn laper n berasa enak . cmn sambelnya itu ya , kita krg cocok dilidah krn manis banget . popia nya sndr udh berasa manis2 disirem sambel manis jadi tmbh manis ha22
    tapi tetep aja kita pesen buat bw ke Jkt 50 biji he22
    skrg ngidam popia deh ha22

  2. Popia jln yoserizal terjoroookkkk diduniaa, jgn pernah makan. Pake tangan segala… uda gt kemaren ketahuan pegang uang, pegang kain lap, garuk garuk pant*t, lap keringat…

    sanggat tidal recommend.. wueeekkkk

    1. itulah bumbu racikan yang tiada dua nya di dunia gan..
      buktinya, popia ini paling terkenal di medan 🙂

  3. @Bun Hui, hidup sehat itu bukan hanya milik VIP, semua orang berhak utk hidup sehat. Kalo kita sbg komsumen aja tdk peduli dgn masalah hygenis bagaimana penjual mau peduli. Kalo kamu pergi ke negara maju ngak usah jauh2 di Singapura saja anda bisa lihat walaupun namanya street food tapi penjualnya tetap utamakan kebersihan krn ini syarat dan ketentuan dari pemerintah mereka, makanya gak heran deh kita di Indo sini sering kena muntaber.

  4. popia jl semarang simpang jalan bogor tu kerabat dekat dari popia jalan yose rizal
    kakek nenek yang di yose rizal tu yang abangan dan yang jalan semarang simpang bogor ( buka dari sore ke tengah malam ) tu sekarang mah dah cucunya… trus cabangnya ada di jalan surabaya simpang jalan bogor ( buka sampai sore )

    yang di jakarta sekarang da tutup, karna si cucu dah pulang ke medan ( sekarang di jalan semarang simpang jalan bogor ) – kalo mo bli cari Yenny PJ ( popeye jepun – julukannya ) – elu bisa crita deh panjang lebar – 0852 7015 5758 ( sms dulu bro…sis… agar tidak dikira telpon nyasar )

  5. Agak telat. Pohpia yg recommended ada juga di jl wahidin simpang jalan duyung. Harga nya sekitar IDR 4000. Rasa pohpia dan cabe juga enak. Boleh di test oleh pohpia mania. Selain pohpia, ada juga uyen (talas goreng) dan kue lainnya.

  6. makanan pok pia atau lumpia legendaris, dulu sering beli buat nyogok keluarganya mantan pacar, ahahaha, dulu aja udah lumayan mahal, apalagi sekarang, udah ga berani beli sekarang, topppp markotoppopopopo

  7. Geblek, mkn popia di cemara asri yg di stand2 bundaran sana juga kena 6rb, kecil, biasa banget…hahaha.. Untung ga pesan byk, mau test rasanya dulu.

  8. Akan sy buat suggestion ke penjual po pianya spy memakai sarung tangan plastik ketika menerima uang dari pembeli spy lbh hygenis.

  9. Yang saya masih risih ialah yang membungkus popiah juga merangkap menjadi kasir menerima dan membalikan uang dan tanpa pake sarung tangan atau cuci tangan terlebih dahulu adalah sangat tidak hygenis.

    1. tu namanya mo bli jajanan di kaki lima vince
      kalo mo terpisah mah gampang
      bilang ja cuci tangan dulu ya i, tar wa bli popia lu IDR10.000 sebiji
      wa rasa a i tu dengan senang hati make you VIP

  10. Iya bener seperti yg bu tetty jelasin deh cara penyimpanannya,,,, karena saya kalo ada ke medan jg suka blg goreng setengah matang …. Tapi untuk para penggemar popiah yose rizal skrg udh ada loh di jakarta , bukan cabang dr yose rizal (krn mereka memang melarang orang lain selain keluarga untuk berjualan) , tapi yg jual masih saudara jauh dari popiah yose rizal nya,, semacam frenchise gitu ,,,, yg mau coba bs mampir ke resto taman,, di taman ratu, jakarta , dekat resto central ,, karena baru buka, maka jika ingin order dalam jumlah banyak, harus order dulu 1-2 hr sebelumnya… Cp ayen 081585516797 …..dijamin rasa nya sama percis , krn masih satu resep ama popiah yose rizal , hrgnya @7500

  11. Yupp …. Betul tuch, harganya Rp. 7 rb/bh tapi isinya lebih banyak n saus cabenya jg lbh enak. Dicoba dech ….

  12. Wa rasa lebih enak po pia dan selat po pia yg ada di Jl. Jose rizal lewat simpang kutacane, memang lebih mahal sedikit tp lebih puas krn isinya lebih bervariasi dan lbh lezat rasanya. Buka sekitar jam 10 pagi sampe siang.

      1. Ada tuh yg jualan popia lewat kutacane, t4nya di ruko yg ada jualan he ci….seblom wanmie…hrgnya kl kgk sAlah lbh mahal dr popia jose rizal yg direview di atas, jam buka sekitar jam 10 pagi ampe siang jam 2 -3 gitu…..kgk ampe malam….he ci nya yg maknyus, yg jualan he ci ama popia laen org n steling nya, ada juga jualan es campur,kacang ijo, kolak, yg jualan ini laen lg orgnya…

      2. hm..jadi penasaran apakah lebih enak hehehe.. nanti kalo ada sempat lewat tak reviewin yah.. makasi rekomendasinya Mecy & M1lk

  13. Thanks bu Tetty

    Kalau bawa yg 1/2 matang begitu perlu taruh di kulkas supaya lebih awet? Kira2 tahan berapa lama?

    Kalau yg biasa, walaupun dimasukin ke dalam kulkas, tidak tahan lama yah?

    Thanks before

    1. Kalo udah digoreng setengah matang biasanya aman disimpan dalam kulkas, dengan catatan kedap udara *dimasukkan ke dalam tupperware (kalo ga nanti ga renyah lagi). Sebaiknya tidak lebih dari 3 hari karena popiah ini kan memakai daging kepiting dan charsiew serta sayur yang udah dimasak sebelumnya.

      Kalau yang dikukus tidak tahan lama, kecuali di vacuum sealed.

  14. Pak Goto, bilangin ke penjual kalau mau dibawa ke Jakarta, dan popia akan digoreng setengah matang. Lebih baik kalau bawa tupperware plastik sendiri karena kotak dus yang diberikan penjual standar banget, jadi popianya gampang pipih. oh ya. ada dua jenis popia: goreng dan biasa. Yang bisa dibawa ke Jkt hanya yg goreng. kalau yg biasa(rebus saja) hanya tahan maximal 6 jam.

  15. Dear all,

    Mohon bantuannya.

    Kalau saya mau beli bawa pulang ke Jakarta dan beli malam sebelumnya.
    Bagaimana teknik penyimpanan yang baik supaya poppia nya tidak rusak dan masih selamat sampai Jakarta?

    Thanks before

  16. Yes, ini popia terenak yang pernah saya makan. Citarasanya persis seperti rasa yang saya makan dulu waktu SD tahun 80-an. Sekarang tiap kali ke Medan atau saudara datang selalu nitip dan masukin ke freezer, makannya nyicil dan rasanya tetap maknyos.
    Saya belum pernah menemukan popia lain yang seenak popia di Jalan Jose Rizal ini , sekalipun di area Medan yang lain, apalagi di Jakarta..lewat semua deh rasanya.

  17. enak deh,cuma harganya agak mahal,dijalan asia ujung juga ada jual pok pia..harganya juga murah.rasanya enak kok,

  18. Akhir2 ini ada 1 acek yg kurus berkacamata. Kepalanya agak botak sikit waduhhhhh sok nya minta ampun nyebelin tuh mulutnya…

  19. ini mah pokpiah yummy banget deeeeh….. asal tahan antri saja….
    drooooollllllliiing…….

  20. Popia di jln asia sblm megamas (sblh kiri kl masuk dr jln asia) jg ga kalah enak dgn hrg lbh murah

  21. Di sampingnya ada jual sate babi yang layak dicoba juga.
    Tahun yl waktu kesana, sepertinya masih ada.
    Dan ..kalau sore hari, ada juga penjual uyen, cae-pau, kue talam putih-biru pakai selai dan aneka snack gorengan yang suka nongkrong dengan sepedanya dan sangat layak dicoba. Hmmmm…..mudah-mudahan, bulan ini atau bulan depan sudah bisa ke Medan lagi…..:).

    1. Iya di simpang sering keliatan satu becak yang jualan sate, sip deh nanti coba kita telusuri, makasi yah…

  22. siapa tuh acek ndut yang diberi penghargaan utk mejeng di page makanmana nih wwkwkkw

    eniwei saya lebih prefer yang goreng dibanding dgn yang rebus…rasanya memang maknyossssssssssss

  23. Ahaha…tahun ini belum inflasi harganya..memang popiah jose rizal tak tertandingi deh dimanapun..satisfaction guaranteed..

  24. Akhirnya ini masuk juga ya ke makan mana… kirain gak di respond.hehehehe… ini the best popia yg ada di medan.recommended banget, keluarga yg diluar kota slalu nitip ini sampai 60-80biji dan habis dalam 1minggu saja.

    1. Hueueue maklum yah yang di recommend itu ada 200an.. gimana mau ngabisin reviewnya :p But thanks for your recommendation 😉

      1. Hi bu Jessica,

        Gimana caranya bisa tahan sampai 1 minggu yah?
        Mohon petunjuk.

        Thanks

  25. gw lebih doyan pokpia dan selat pokpia yang di jalan semarang, lebih maknyus … udah pernah di review min ?

      1. di jl semarang depan mie tiong sim atau kedai kopi molly … posisinya di sudut min …

  26. The Legendary Pokpia, harga dan rasanya emang benar2 mantap sekali. Sampe sekarang gak ketemu tandingannya dimana2.

  27. Yap, betul sekali. Citarasa dan aroma pok pia yose rizal mmg sll terkenang di memori pelanggannya… Sambal pedas manisnya sgt terasa gurihnya… Nyam-nyam…

Berikan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s