Skip to content

#FoodPhilosophyMedan dengan Hidup Healthy

‘Cholesterol Date’ with Chef Rinrin Marinka

32bbf-1mkskngqdg18u_5sbn6qtow

Jalan-jalan sambil berkuliner? Siapa sih yang nggak suka? Nah, Sabtu kemarin (09/09) MaMa diundang oleh tim Hidup Healthy untuk bareng-bareng ikutan kegiatan #FoodPhilosophy di Medan. Apa sih #FoodPhilosophy Trip ini?

5dce0-1gymfkdfsgjz_gbxwr50nvq

Ini merupakan event ke-4 dari #FoodPhilosophy, di mana konsep acaranya #FoodPhilosophy Trip adalah sebuah program wisata kuliner yang ditujukan kepada para pecinta kuliner untuk menikmati makanan enak khas daerah masing-masing, yaitu kali ini di Medan.

653b5-1xpafspvyn3et69nrm7dxtg


Tak hanya itu, acara ini makin spesial karena Chef Rinrin Marinka, salah satu juri MasterChef Indonesia, ikut jalan-jalan bareng MaMa dan beberapa foodies Medan lainnya. Nah keseruan apa saja sih yang kemarin MaMa ikutin?

77fd3-17knd_p-so1ggois_c9-uow
74aab-1j9xnuqdurcsbgdm4jukhrq

Perjalanan kuliner pertama pagi itu dimulai dengan Soto Kesawan, Jalan AH Yani. Nggak sah deh kalo wisata kuliner Medan belum mengunjungi gerai soto yang sudah berjualan sejak beberapa generasi yang lalu ini. Letak gerai ini sangat strategis, tepat di seberang Tjong A Fie Mansion yang merupakan salah satu warisan kultur dan budaya kota Medan.

a4b07-1-1bgi3ianyisyyabvqeqwg

Nggak seperti soto Medan biasa, di Soto Kesawan yang menjadi khas adalah soto udang. Soal rasa, kuah soto di Soto Kesawan gurih dengan daging yang lembut dan udang yang nggak amis. Di sini juga ada menu martabak telur.

56464-13gli6exdzfnmagr-xcreyg
93832-1x96xitfombyy0v8syzlpgq

Ketika kuliner pertama ini selesai disantap, hujan masih belum berhenti. Walau begitu, teman-teman tetap semangat untuk melanjutkan ke spot berikutnya, yaitu jalan-jalan ke salah satu icon history kota Medan, Tjong A Fie Mansion.

5dd25-1dfyjd_tbpbtgubxobxwiuq


Selain Istana Maimun, ada satu destinasi sejarah lagi di Medan ini, yaitu sebuah rumah bekas peninggalan tokoh terkenal dari etnis Tionghoa, Tjong A Fie, seorang tokoh sosialis yang terkemuka pada zamannya. Museum ini terkenal menarik dan menyimpan sejarah tersendiri. Ruangan dan peralatan rumah masih original dan banyak ruangan di Tjong A Fie Mansion yang sangat antik dan mengagumkan.

e38a0-1_4ld9gw9itfnwb5jdnbd8g

Habis belajar sejarah budaya kota Medan, MaMa diajak break time dulu. Spot kuliner kedua cukup dekat, hanya dengan berjalan kaki beberapa meter, yaitu Tip Top Restaurant. Tip Top pertama kali berdiri pada tahun 1929 di Jalan Pandu dengan nama Restoran Jangkie, sesuai dengan nama pemiliknya. Kemudian pada tahun 1934 pindah ke Jalan Kesawan dan berganti nama menjadi Tip Top Restaurant.

ab438-1iyhq2eiaywomclpgcz1yhg

Awalnya resto ini menjadi tempat berkumpulnya orang Belanda dari perkebunan maupun pemerintahan untuk menikmati breakfast atau sekedar menghabiskan secangkir kopi Robusta lokal dari Sidikalang yang terkenal di sore hari. Menikmati sajian es krim di tempat ini MaMa bagaikan dibawa oleh mesin waktu ke masa lalu, di mana Belanda masih menjajah negara kita. Dengan arsitektur yang sangat kental akan suasana tempo dulu dan kolonial.

7809c-1e45b-d3joghdmsgl1cnpdg

Setelah siap, maka beranjaklah MaMa menuju Rumah Makan Sipirok di Jalan Sunggal, sebagai kuliner ketiga hari itu. Menu RM Sipirok merupakan kuliner khas kota Sipirok Tapanuli Selatan dan Sumatera Utara. Tidak hanya khas, hidangan ini juga telah dikenal di penjuru kota Medan dan mempunyai langganan tetap yang berkisar ratusan setiap harinya.

38f37-1jmfzs2oh0g6l9q5jnexamg
02e94-1xydyjmeej8mjpqslmf0r8w
e8749-11zugp80art1gsm-f20hvaa

Hanya dengan menu utama Sop Sumsum, tetap aja banyak peminatnya yang membuat rumah makan dengan kapasitas 500 kursi itu, selalu penuh sejak buka sampai tutup. Salah satu menu yang unik di sini adalah Sumsum Sapi yang berukuran raksasa.

f9e31-1wo1ivu2vg00ydfambv-rmw
1365a-1iscpseopnx6kgy9zqalgyw

Setelah puas menyeruput sop sumsum, MaMa maju terus ke spot kuliner keempat sekaligus sebagai coffee break di kala siang menjelang sore itu, Kedai Kopi Ong di Jalan Dr Mansyur. Medan memang terkenal dengan sajian kopi khasnya yang terkenal.

441ec-1gittp6bme4vzntj8iv9a0a
c769c-1b-6ikk8f8ae6vb722rwj8a

Rumah tua dengan arsitektur campuran minimalis dan klasik ini selalu mengundang perhatian pelewat jalan. Interior di sini benar-benar sebuah karakter kopitiam klasik. Bersantai setelah makan siang, menikmati sajian kue-kue Medan dan tentunya kopi di tempat ini, MaMa jadi teringat seperti suasana zaman lalu, dan dapat menenangkan pikiran setelah setengah hari yang penuh.

3817c-1oerhfccaax7xzlrn8kpvjq

Coffee break pun selesai dan MaMa siap diajak menuju spot kuliner kelima. Kota Medan dikenal dengan keberadaan buah duriannya, dan salah satu tempat makan durian yang terkenal di kota Medan adalah Durian Ucok yang terletak di Jalan Wahid Hasyim. Tiap malam gerai ini selalu penuh dengan pengunjung baik masyarakat Medan ataupun pendatang dari luar kota. Apa yang menyebabkan gerai ini begitu padat dikunjungi?

16dae-1wks_xsx49rbhkfdjohbzja


Menurut pengetahuan MaMa, gerai ini awalnya bermula dari kesederhanaan bang Ucok sebagai pemilik. Kejujuran dan sifat nggak perhitungan inilah yang membuatnya disenangi dan mendatangkan banyak pengunjung. Hal lain yang mungkin berpengaruh ialah kita dapat menukar durian yang kurang bagus, sehingga kepuasan pun terjamin.

b61a8-1ivisgprzlpgfgrr22l26vq

Kenyang setelah seharian penuh jalan-jalan sambil berkuliner, tiba akhirnya spot kuliner keenam sekaligus terakhir dalam rangkaian acara #FoodPhilosophyMedan. Di Marco Seafood, Kompleks Cemara Asri, Chef Rinrin Marinka sekaligus menampilkan kebolehannya dalam Cooking Demo langsung dan berinteraksi dengan beberapa peserta untuk terjun ikut memasak.

2e10b-17gx5fdvlhru3bkj8tzqlka

Masakan hasil kreasi Chef Rinrin Marinka adalah Cipera. Cipera sendiri adalah masakan khas suku Karo dari Sumatera Utara yang terbuat dari bahan dasar daging ayam kampung dan tepung jagung. Masakan Chef bersama sejumlah hidangan Marco Seafood menjadi santapan penutup acara #FoodPhilosophyMedan kali ini.

6df7c-1ayllororfeqqtyrrnxmu8g
09a06-1eupps9off57gxqrgkupwta
d8272-1tvumkcmagkxsgmazqhwlyg

Setelah seharian penuh MaMa makan yang penuh kolesterol dan manis-manis, MaMa juga nggak khawatir. Karena program ini dirancang mengajak para peserta untuk lebih sadar terhadap nutrisi dalam makanan enak yang dinikmati dan mengetahui filosofi/cerita di baliknya. Mengapa?

d5cfa-1_fe2-tyvptf8ku8it_gihq

Sehingga kita lebih tahu dan tanpa khawatir akan masalah kesehatan, karena di setiap sela-sela waktu makan MaMa, ada #TemanMakanEnak menemani yaitu hemaviton Cardio dengan kandungan Phytosterol yang membantu jaga kolesterol serta hemaviton Glucare yang membantu jaga kandungan gula darah.

23452-1tta96trugwapmavdg-0_aa

Last but not the least, terima kasih kepada tim Hidup Healthy yang sudah menyusun acara #FoodPhilosophyMedan dengan begitu baik, semoga ke depannya kita dapat berjodoh untuk bertemu kembali! See you again.

Hidup Healthy
Email: hiduphealthy2@gmail.com
Instagram: @hiduphealthy

Bagi yang mau nyari product di atas, dapat dibeli di toko Indomaret terdekat atau Tempo Store: https://www.blibli.com/hemaviton-cardio-kaplet-suplemen-kesehatan-2-box-10-kaplet-MTA.0734528.htm?ds=TES-36523-00577-00001

c14b7-1yb3-4nkkxvkkdpz3batwtg

Discover more from Makanmana

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading