Balik Medan Buat Cheng Beng? 8 Rumah Makan ini Bisa Jadi Referensi!

Chengbeng merupakan perayaan yang masyarakat suku Tinghoa, yang wajib dilakukan tiap tahun dalam rangka memperingati leluhur. Salah satu kegiatan yang biasa dilakukan adalah berkumpul bersama keluarga sambil makan malam.

Pandemi kemudian mengubah kebiasaan ini sejak tahun lalu. Karena keadaan yang membatasi pertemuan bersama keluarga, khususnya mereka yang jauh (merantau) dari keluarga, pasti kangen sama makanan rumahan.

Namun demikian, beberapa orang mungkin akan tetap dinner bersama di malam Chengbeng.

Makanya MaMa kurasikan beberapa rumah makan yang cocok untuk jadi tempat makan malam bersama keluarga.

PS: Sebelumnya juga MaMa pernah beberapa kali kasih rekomendasi juga. Cek di sini dan di sini.

RM Acai 88

RM Acai 88 Jl. Berlian Sari / Gg Baru , Titi Kuning

Yang pertama: RM Acai 88 yang terletak di Jl. Berlian Sari / Gg Baru pastinya tidak asing lagi karena sudah terkenal legendaris. Acai 88 juga tersedia di ojol bagi anak MaMa yang ingin menikmatinya di rumah saja.

SAMCAN GORENG di RM Acai selalu jadi menu favorit pas makan di sini. Gak cuma samcan goreng, MaMa juga pesan menu-menu lainnya yang juga menggiurkan. Sebelum kesini, coba tonton review MaMa di bawah ini.

RM Acai 88

Alamat: Jl. Berlian Sari No. 65G, Titi Kuning
Jam Buka: 10.00 – 22.00 (Selasa tutup)
Non-Halal
Lokasi: https://goo.gl/maps/ZqaULHi4FYtWmkpj6

RM Primadona

RM Primadona masuk kedalam daftar tempat makan Cheng Beng favorit berikutnya. Tempat ini baru-baru ini dikenal oleh anak-anak MaMa, tapi begitu tim MaMa cicipi, langsung jatuh hati!

Sapo Tahu, Khao Bak dan Ikan Asam Manisnya best seller, dan sebenarnya masih banyak juga yang diacungi jempol menunya. Just check out our Youtube video for the details!

RM Primadona

Alamat: Komplek Primadona, Jl. Sunggal No.R4, Sunggal, Kec. Medan Sunggal, Kota Medan, Sumatera Utara 20128 Jam Buka: 08.00 – 22.00
No.Telp: (061) 8445157
Lokasi: https://goo.gl/maps/pjLQgQckxPKiMVPj6

RM Asen Jemadi

Gerai sederhana dari RM Asen ini seakan menyimpan hidden gems yang cukup menarik dan cocok untuk menjadi salah satu rekomendasi tempat makan dengan harga yang bersahabat.

Pilihan makanannya gak hanya sayur tumis ataupun menu pelengkap lainnya, tapi ada juga Mie Goreng, Kwetiau dan sebagainya. For the details, langsung baca review lengkapnya!

Jangan ragukan penampilannya, karena begitu suapan pertama bisa dipastikan bikin susah lupa. Tersedia untuk take-away juga untuk disantap dirumah.

RM Asen Jemadi

Jln. Jemadi No. 24B, sebelah Hello Kitty Salon.
Jam Buka: 07.00 – 21.00 (Libur setiap Che It & Cap Go)
No.Telp: 085297091333
Lokasi: https://g.co/kgs/S72sVY

RM David

Kalau kalian mencari Rumah makan dengan harga yang bersahabat dikantong namun cita rasa tetap enak, RM David bisa jadi salah satu jawabannya.

Banyak pilihan menu ala carte yang dapat dipesan untuk dimakan bersama keluarga. Untuk harga yang affordable sesuai dengan yang disajikan namun rasa yang ditawarkan sangat baik.

Tahu Ebinya menurut MaMa signature di sini, karena tahunya itu dibuat sendiri alias homemade. Tahunya digoreng terlebih dahulu kemudian ditabur ebi dan terakhir disiram saos yang kental. Renyah dan lembut, plus sausnya terasa di lidah.

RM David

Alamat: Jalan Hindu No. 3
Jam Buka: 07.30-15.00, 17.00-22.30 (Libur setiap Che It & Cap Go)
No.Telp: 08126442612
Google Maps: https://goo.gl/maps/hMcEmpPAeuR2

Chef Lim Seafood

Hong Bak / Babi Kecap

Sesuai namanya, mostly menu dari Chef Lim adalah seafood. Namun Hong Bak/Babi Kecap disini juga harus dicoba. Daging yang direbus bersama dengan saus kecap meresap sampai kedalam-dalam.

MaMa rekomen Sapo Tahu dan Udang Lipan Mentega Susu Chef Lim. Menu Udang Lipan Mentega Susu menurut MaMa lumayan unik karena jarang ditemui, aromanya mirip sama salted egg 😋

Memang Chef Lim membawa masakan khas Malaysia ke rumah makannya, tapi mirip dengan makanan dari rumah makan Chinese-style di Medan, makanya MaMa juga masukkan ke referensi kali ini.

Chef Lim Seafood

Alamat: Jl. Aksara No.56
Jam Buka: 09.00-21.00
Non-halal
Lokasi: https://goo.gl/maps/McTaoPPjTA8oj1ZC6

Chinese Food Jalan Tilak

Salah satu rumah makan yang uda lama dikenal, apalagi buat yang sering ke Kopitiam Juhong, adalah rumah makan Chinese Food Tilak ini.

MaMa uda lama banget gak ke sini, tapi dulu pernah direview sebelumnya oleh Leo, tinggal klik link di atas buat baca reviewnya lebih mendetail.

Uda sepuluh tahunan juga, harganya mungkin ada sedikit berbeda dari pas dikunjungi dulu jadi harap dimaklumi.

Fu Yung Hai di sini surprisingly dimasak dengan daging kepiting yang melimpah dan juga tidak berminyak, pecinta Fu Yung Hai boleh banget pesen disini.

RM Chinese Food yang satu ini terbilang sederhana. Berdiri hanya di sebuah ruko, dan harga yang ramah dikantong, kamu bisa menikmati beragam menu yang telah tersedia.

Chinese Food

Alamat: Jalan Tilak No.45
Jam Buka: 10.30AM – 08.30PM
Lokasi: https://g.co/kgs/jUv7BE

Chinese Food Wen Chang

Another stall on our list ada Chinese Food Wen Chang, mungkin ada juga yang langsung sebut angka, karena banyaknya gerai makanan di pelataran jalan ini.

Memang kalau makan di rumah makan Chinese Foods, favoritnya itu-itu aja. Selama MaMa nulis referensi ini, gak disangka nyaris semuanya pasti tetap pesan Ikan Asam Manis, Fu Yung Hai, Tauco sama Sapo Tahu 😆

Well, di gerai Wen Chang ini, MaMa rasa Fu Yung Hai ama Kerapu Asam Manisnya gak boleh kena missed out.

Wen Chang Seafood

Alamat: Jalan Glugur / Golden no.10
Jam Buka: 07.00-21.30
Non-Halal
Lokasi: https://g.co/kgs/6P5GpF

Wajir Seafood

Tempat makan yang satu ini pasti tidak asing lagi di telinga.

Wajir Seafood sudah terkenal dengan berbagai macam pilihan lauk mulai dari seafood, ayam, hingga sayur-sayuran yang siap dihidangkan. Berbagai porsi dari kecil hingga besar dapat menjadi salah satu pertimbangan untuk mempererat kekeluargaan.

Baca review selengkapnya dengan klik

Sejak tahun 2008, Wajir seafood ini sudah berdiri dan semakin berkembang seiring berjalannya waktu. Mereka mempertahankan makanan berbasis chinese food namun tetap halal dan dapat dinikmati oleh semua masyarakat yang ada di Medan.

Wajir Seafood Jalan Kol. Sugiono, no.31

Kenikmatan dari Wajir Seafood ini juga dapat kita nikmati dirumah dengan memesan lewat ojol meningat Wajir Seafood ini selalu ramai pengunjung dan kita masih berada di tengah pandemi covid-19.

Wajir Seafood

Alamat: Jl. Kol. Sugiono No.31
Jam Buka: Senin-Sabtu (15.00-23.00) | Minggu (10.00-23.00)
Harga mulai dari ±28rb
No Telp: (061) 457 3785
No Pork
Location: https://goo.gl/maps/2FvbckVzgHexbYkz9

And that’s some of our recommendation

Masih banyak sebenarnya rumah makan yang mau MaMa masukkin ke list, tapi nanti kepanjangan. Buat yang ada balik ke Medan buat melaksanakan Cheng Beng, mungkin beberapa tempat ini bisa jadi referensi buat kalian.

Buat yang prefer Hot Pot, kalian bisa cek list-nya disini https://makanmana.net/2021/02/02/sa-cap-meh-di-rumah-aja-pesan-hot-pot-takeaway-dari-6-restoran-ini/

Leave a Reply

Your email address will not be published.