5 Street Food Tertua di Medan versi Makanmana!

Banyak tempat makan di Medan yang menyandang title ‘legendaris’ merupakan tempat makan yang sudah berdiri sejak lama. Seperti Restoran Tip Top, Kedai Kopi Apek, serta Kopitiam Juhong di Jln. Kutacane merupakan beberapa tempat makan yang bahkan sudah berdiri sebelum Indonesia merdeka.

Tapi, ada juga beberapa tempat makan yang terkenal dengan jejak historis tapi mungkin tidak diketahui kalau mereka juga uda beroperasi sejak lama. Nah, ini dia beberapa tempat makan tertua di Medan versi Makanmana! Ga disangka yang ke-3 ternyata uda lama banget!

Sate Padang H. Amiruddin (1970-an)

Sate Padang Amiruddin ini merupakan salah satu gerai sate yang terkenal di Medan. Dikenal juga dengan sebutan Sate Bata karena letaknya yang berada di samping Toko Sepatu Bata, Sate Padang Amiruddin sudah berjualan sejak sangat lama! Mungkin ada yang seperti saya, baru tau kalau Sate Bata ini bisa dibilang salah satu gerai tertua di Medan!

Sekitar tahun 1970-an, Pak Amiruddin berkeliling berjualan sate dengan mendorong gerobak sate. Kemudian pada tahun 1980, Pak Amiruddin akhirnya menetap di samping Toko Sepatu Bata dan mulai berjualan di sana.

Kuah sate yang kental yang didominasi rasa rempah yang kuat menjadi alasan kenapa Sate Padang Amiruddin ini sangat diminati, bahkan sampai sekarang. Selain kuah sate padang, sate kacang di sini juga lumayan populer.

Baca review selengkapnya di sini!

Sate Padang H. Amiruddin (Bata)

Alamat: Jl. J. A. Yani IV, samping Toko Bata & I-Plug Store
Jam Buka: 12.00-17.30 (kira-kira)
Halal
Lokasi: https://goo.gl/maps/AdNNBN4jrTTTZCUf6
Tersedia di GoFood ✔️

Mie Ayam Akong Acim (1975)

Mie Ayam Akong Acim merupakan salah satu gerai bakmie halal yang terkenal. Berdiri pada tahun 1975, Mie Ayam Akong Acim memilih untuk menyajikan Mie Ayam ketika pada saat itu, banyak gerai bakmie yang menggunakan daging babi untuk memberikan cita rasa yang lebih otentik.

Mie yang kenyal, ayam suwir, bakso ikan, telur bebek, serta irisan lumpia udang menjadi bagian dari seporsi Mie Ayam Akong Acim. Ketika makan di tempat, suasananya yang tradisional seakan-akan mentransportasikan kami kembali ke masa lalu.

Baca review selengkapnya di sini!

Mie Ayam Akong Acim

Alamat: Jl. Gwangju No.31
Jam Buka: 14.00-22.00
Halal
Lokasi: https://goo.gl/maps/fNkbfDjA2neKwB519
Tersedia di GoFood ✔️

Es Campur Amo (1984)

Es Campur Amo

Ketika cuaca panas menyerang, seperti yang beberapa hari terakhir ini saya rasakan, hanya seporsi Es Campur yang dapat menolong.

Es Campur Amo

Kalau membahas tentang Es Campur, pembahasan kita tak luput dari gerai Es Campur Amo yang sudah berdiri sejak 1984. Es Campur Amo terdiri dari es serut, kacang merah, kolang kaling, cendol ijo, cincau, tape singkong, pacar cina, delima, santan, dan gula merah homemade. Ketika masuk ke mulut, berbagai teksur dan rasa melebur menjadi satu, sungguh nikmat!

Baca review selengkapnya di sini!

Es Campur Amo

Alamat: Jl. Sei Kera No.117
Jam Buka: 10.30-22.00
No Pork No Lard
Lokasi: https://g.page/escampuramo?share
Tersedia di GoFood ✔️

Bakso Anjar Family (1987)

Kalau Es Campur menu favorit ketika cuaca panas, maka Bakso merupakan menu pilihan ketika cuaca dingin, apalagi hujan. Salah satu Bakso tertua di Medan yang bisa kalian nikmati adalah Bakso Anjar Family.

Bakso Anjar Family sudah mengisi perut pelanggan sejak 1987. Semangkuk Bakso Anjar Family sungguh menggugah selera, apalagi dengan tampilan baksonya yang melimpah. Bukan hanya itu, aroma kuah baksonya yang kental dengan aroma kaldu sapinya juga langsung menggelitik hidung kami.

Kalau kalian penikmat bakso, wajib segera meluncur ke lokasi!

Baca review selengkapnya di sini!

Bakso Anjar Family

Alamat: Jl. Pasar III No.46
Jam Buka: 11.00-23.00
Halal
Lokasi: https://goo.gl/maps/mAjj4gnjinTce66d7
Tersedia di GoFood ✔️

Ahyok Pecal (1990-an)

Dikenal dengan sebutan Javanese Peanut Salad dalam bahasa Inggris, Pecal ada makanan pembuka/cemilan khas Indonesia yang segar dan nikmat. Umumnya rasanya manis, tapi di Medan, kalian bisa temui juga yang ada sentuhan rasa pedas.

Bahan-bahannya yang simpel dan mudah ditemui di pasar menjadikan makanan yang satu ini makanan sejuta umat yang bisa ditemui di setiap kota di Indonesia. Di Medan, salah satu gerai Pecal yang terkenal adalah Ahyok Pecal yang sudah ada lebih dari 30 tahun yang lalu.

Pecal di sini bisa dipesan sesuai selera, mau lebih kental, encer, manis, ataupun lebih pedas. Selain Pecal, di sini juga ada Mie Rebus dan Rujak.

Baca review selengkapnya di sini!

Ahyok Pecal

Alamat: Jl. Brig Jend. Zein Hamid No.1
Jam Buka: 11.00-18.00 (SENIN TUTUP)
No Pork No Lard
Lokasi: https://goo.gl/maps/dsADx63nwe1YVvMUA
Tersedia di GoFood ✔️

Konsistensi rasa dan kualitas yang ditawarkan setiap tempat makan ini (dan berbagai rumah makan lainnya yang masih populer sampai saat ini) menjadi alasan kenapa mereka tetap bisa bertahan sampai sekarang.

Yang paling penting, semua tempat makan ini tersedia di GoFood, jadi praktis dan ga perlu keluar rumah!

Default image
Christine Jillian
Blog Writer & Senior Content Planner at Makanmana
Articles: 90

Leave a Reply